Sains Unas Terima Penghargaan LLDIKTI Wilayah III Atas Kontribusi Selama...

Unas Terima Penghargaan LLDIKTI Wilayah III Atas Kontribusi Selama Pandemi

-

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III DKI Jakarta memberikan penghargaan kepada Universitas Nasional atas kontribusi dalam kegiatan relawan selama pandemi Covid-19. Selain turun langsung sebagai relawan Covid-19, dosen dan mahasiswa Unas juga melakukan kontribusi dalam penelitian mengenai Covid-19 di bidang teknologi, sains, kesehatan, sosial, ekonomi, dan humaniora.

Penghargaan diberikan secara daring melalui teknologi video conference oleh plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D, pada Senin (29/06/2020). Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada perguruan tinggi yang telah berkontribusi selama pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D mengatakan, adanya kontribusi ini telah memberikan energi positif di kampus. “Ini juga menunjukkan kualitas perguruan tinggi saat pandemi juga semakin meningkat,” ujar Prof. Nizam dalam sambutannya.

Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof. Agus Setyo Budi yang juga hadir dalam kesempata tersebut menuturkan bahwa pimpinan perguruan tinggi lebih produktif selama pandemi berlangsung. Di antaranya adalah dengan adanya inovasi dan publikasi yang dihasilkan selama masa pandemi.

“Selamat kepada perguruan tinggi yang telah berupaya dalam pencegahan corona virus, semoga dapat terus menghasilkan inovasi-inovasi yang berguna,” jelasnya.

Dosen dan mahasiswa Unas selama masa pandemi, juga melakukan kontribusi dalam penelitian mengenai Covid-19. Penilitian dilakukan meliputi bidang teknologi, sains, kesehatan, sosial, ekonomi, dan humaniora.

Penelitian tersebut telah dipresentasikan dalam webinar series yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unas.

Selain itu, sejak masa awal pandemi Covid-19, sejumlah mahasiswa dan dosen Unas juga melakukan aksi langsung menjadi petugas kesehatan dan relawan di beberapa unit kesehatan. Selama lebih dari dua bulan, dosen dan mahasiswa Unas bergabung bersama Tim Medis Relawan Covid-i1.

Atas kegiatan tersebut, Rektor Universitas Nasional, Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. dalam meeting virtual “Audiensi dan Silaturahmi” pada Kamis (28/5/2020), di Jakarta, menyampaikan apresiasi dan memberikan piagam penghargaan kepada dosen dan mahasiswa yang terlibat di garda depan.

Selain itu, Rektor Unas juga memberikan apresiasi kepada seluruh sivitas akademika Universitas Nasional yang telah bahu-membahu dalam penanganan covid-19. Sivitas akademika Universitas Nasional telah melakukan berbagai kegiatan untuk membantu korban terdampak covid-19.

“Saya juga mengucapkan penghargaan setinggi-tingginya kepada dosen dan pimpinan fakultas serta keluarga besar Universitas Nasional walaupun bukan di garda terdepan namun dapat mengorganisir suatu kegiatan untuk membantu korban yang berdampak covid-19 seperti menyalurkan bantuan alat pelindung diri, membagikan bantuan sembako oleh fakultas, memberikan bantuan kuota serta membagikan makanan oleh Unas biker’s club,”  ujar El Amry.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Dr. Retno Widowati, M.Si. mengaku bangga dan senang bahwa mahasiswa yang ikut menjadi relawan medis dalam penanganan covid-19 akan diberikan penghargaan oleh Universitas.

“Kami (Fikes) ikut bangga dan senang bahwa akan diberikan penghargaan kepada para mahasiswa yang telah membantu penanganan covid-19. Apapun  bentuk yang disampaikan kepada relawan kami mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya, semoga para relawan dan kita tetap terjaga dari covid-19,” ungkapnya.

Selain dalam bentuk pemberian piagam, mahasiswa yang telah membantu dalam penanganan covid-19 akan diundang dalam acara wisuda Universitas Nasional. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Kamaruddin Salim, S.Sos.,M.Si. Menurutnya, mahasiswa yang telah berjasa dan memiliki prestasi patut diundang dan diberikan apresiasi setinggi-tingginya.

“Ini menjadi suatu apresiasi kita sendiri dan akan disampaikan saat wisuda bahwa mahasiswa yang sudah berjasa atau berprestasi untuk bangsa dan negara akan diundang saat acara wisuda dan akan kita sampaikan ke DIKTI,” kata Kamaruddin.

Unas merupakan salah satu dari 54 perguruan tinggi di yang menerima penghargaan dari LLDIKTI Wilayah III. Penghargaan tersebut terbagi ke dalam 4 kategori, yaitu: kategori Perguruan Tinggi yang Menghasilkan Inovasi dan Produk Kesehatan Selama Pandemi Covid-19, kategori Perguruan Tinggi yang Berkontribusi dalam Kegiatan Kerelawanan Selama Pandemi Covid-19, kategori Perguruan Tinggi Peraih QS WORLD UNIVERSITY RANKINGS, serta penghargaan untuk Rumah Sakit yang telah bekerja sama dengan LLDIKTI Wilayah III dalam kegiatan tes rapid dan swab. (MPR)

Redaksi
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

Dies Natalis ke-72 Unas, Fadli Zon Orasi Ilmiah Revitalisasi Gagasan Sutan Takdir Alisyahbana

Sepanjang bulan September hingga November 2021, Universitas Nasional menggelar 33 kegiatan akademis dan intelektual sebagai rangkaian pengabdian masyarakat dalam...

Dies Natalis Unas ke-72 Tahun, Fakultas Pertanian Unas Hadirkan Seminar Pengembangan Pangan Lokal

Berkolaborasi dengan Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian dan Program Pengembangan Kawasan Tanaman Pangan Berbasis Korporasi (Propaktani), Fakultas Pertanian Universitas...

Unas Jadi Tuan Rumah Australia Update Tahun Ketiga, Bahas Pasca Pemulihan Pandemi

Universitas Nasional menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Australia Update tahun ketiga. Bersama Kedutaan Besar RI Canberra, kegiatan ini dilakukan...

Featured

Dies Natalis ke-72 Unas, Fadli Zon Orasi Ilmiah Revitalisasi Gagasan Sutan Takdir Alisyahbana

Sepanjang bulan September hingga November 2021, Universitas Nasional menggelar...

Unas Jadi Tuan Rumah Australia Update Tahun Ketiga, Bahas Pasca Pemulihan Pandemi

Universitas Nasional menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Australia Update...

You might also likeRELATED
Recommended to you