Politik Prodi HI Unas Gelar Seminar Mengkritisi Perjalanan Politik Luar...

Prodi HI Unas Gelar Seminar Mengkritisi Perjalanan Politik Luar Negeri Indonesia tahun 2022

-

Program Studi Hubungan Internasional (HI) Universitas Nasional menyelenggarakan seminar nasional dengan tajuk “Mengkritisi Perjalanan Politik Luar Negeri Indonesia tahun 2022”. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis (22/12/2022) di Aula Blok 1 Lt 4 Universitas Nasional.

Kegiatan tersebut diisi oleh para pemikir HI, antara lain Dr. Asep Kamaluddin Nashir S.Ag.,M.Si dari Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII), Dr. Indra Kusumawardhana, S.Hum.,M.Hub.Int dari Koordinator Wilayah (AIHII), Dr. Aos Yuli Firdaus, S.IP., M.Si Wakil Dekan FISIP UNAS, Dr. Irma Indrayani, S.IP.,M.Si Ketua Prodi HI UNAS dan Dr. Hendra Maujana Saragih, S.IP.,M.Si Sekretaris Prodi HI UNAS.

Seminar diawali dengan paparan oleh Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) Dr. Asep Kamaluddin Nashir S.Ag.,M.Si, yang memberikan gambaran tentang dinamika yang terjadi dunia, yang dapat berdampak pada Indonesia. Diantaranya adalah isu pertahanan dari kepemimpinan Indonesia dalam forum G20, AUKUS (Australia, United Kingdom, United States), konflik Rusia–Ukraina, perkembangan regional Indo-Pasifik serta integrasi Papua.

Indonesia tetap konsisten dalam menjaga prinsip politik luar negeri bebas – aktifnya pada isu-isu tersebut. “Indonesia yang pada dasarnya menganut prinsip politik bebas dan aktif sekiranya sama sekali tidak bergeming di tengah pusaran politik global yang dapat mempengaruhi eksistensi Indonesia” ungkapnya.

Paparan dilanjutkan oleh Wakil Dekan FISIP UNAS Dr. Aos Yuli Firdaus, S.IP., M.Si. Aos memaparkan perjalanan diplomasi Indonesia pada tahun 2022 yang sangat dinamis.

”Indonesia akan terus bekerja dalam berdiplomasi situasi apapun juga. Fokus tetap diberikan untuk mendukung proses pemulihan baik untuk bidang kesehatan maupun ekonomi serta bidang lainnya”, katanya.

Sementara itu, Ketua Prodi HI UNAS Dr. Irma Indrayani, S.IP.,M.Si menyebutkan, permasalahan ekonomi politik internasional bagi Indonesia dapat ditinjau dari ATHG (Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan). Berbagai macam tantangan bagi Indonesia salah satunya persiapan Indonesia dalam mencapai visinya pada tahun 2045.

“Kekuatan ekonomi politik Indonesia dapat ditopang oleh para pemuda yang akan berkiprah. Tantangan ini seharusnya dapat menjadi fokus pemerintah dalam membangun ekonomi politik Indonesia yang kuat” tandasnya.

Di sisi lain, dalam diskuisnya, Sekretaris Prodi HI UNAS Dr. Hendra Maujana Saragih, S.IP.,M.Si mempertanyakan ketegasan Indonesia pada kebijakan luar negerinya. Ia menyatakan bahwa pelaksanaan G20 yang dilaksanakan pada bulan November lalu tidak sepenuhnya optimal.

“Indonesia tidak begitu mendapat untung yang sangat besar atas penyelenggaraan tersebut. Seharusnya juga dapat terlibat aktif dalam beberapa permasalahan seperti kemerdekaan Palestina serta permasalahan kedaulatan yang bergejolak di kawasan Laut China Selatan”, pungkasnya.

Pada sesi akhir diskusi, Koordinator Wilayah AIHII, Dr.Indra Kusumawardhana, S.Hum.,M.Hub.Int mengungkapkan kekecewaan dari kalangan para akademisi terkait perubahan kebijakan dari periode pertama Jokowi ke periode keduanya.

“Presiden Jokowi yang pada periode pertamanya sangat menggalakkan kebijakan poros maritim dunia, kok tiba-tiba berubah menghilangkan term maritim dalam kebijakannya. Hal ini membuat kami para akademisi yang fokus pada kebijakan maritim kecewa terkait perubahan tersebut. Sebab, sebuah bangsa yang besar merupakan bangsa yang memiliki identitas. Dan Indonesia adalah negara yang merupakan negara maritim yang dapat menjadi identitasnya” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan FISIP UNAS Dr. Aos Yuli Firdaus, S.IP., M.Si berharap kegiatan ini akan dapat memberikan dampak yang positif bagi perkembangan Universitas Nasional. “Selain itu, hasil dari diskusi diharapkan juga dapat memberikan rekomendasi bagi pemerintah di masa yang mendatang”. (HI/TIN)

 

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you