Ekbis Disambut Baik Bupati Cianjur, PKM Himpunan Mahasiswa Manajemen dan...

Disambut Baik Bupati Cianjur, PKM Himpunan Mahasiswa Manajemen dan FEB Unas Berikan Materi Digital Marketing Untuk UMKM Desa Gadog

-

Himpunan Mahasiswa Manajemen (Himajem) Prodi Manajemen berkolaborasi dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Nasional melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Gadog, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Kegiatan diselenggaran Senin hingga Kamis (29 Agustus – 1 September dan mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Bupati Cianjur, Herman Suherman menyambut baik kegiatan tersebut. Ia menyampaikan, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Universitas Nasional ini dapat memberikan inovasi dan ide baru pada masyarakat Cianjur.

“Saya sangat mengapresiasi kedatangan Universitas Nasional mudah-mudahan dengan adanya inovasi dan segala ide pemikiran yang disampaikan kepada masyarakat Cianjur menjadi tanda mata ada sebuah kebaikan kedepannya”, ujar Bupati Cianjur di Ruang Garuda Pendopo kabupaten Cianjur saat menerima kedatangan mahasiswa Unas ke Cianjur dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat.

Bupati Cianjur juga mengatakan, dengan adanya kegiatan sosialisasi dan pelatihan digital marketing pada UMKM, tentu sangat membantu program pemerintah yaitu pemberdayaan 10.000 UMKM. “Dalam lima tahun ini, di tahun pertama, Alhamdulillah peminatnya luar biasa dan produksinya bagus-bagus, cuma satu kelemahannya yaitu di segi marketingnya kurang”, kata Bupati.

“Dengan adanya kegiatan ini, kita dorong perekonomian yang ada di desa Gadog. Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Universitas Nasional dan mudah-mudahan bisa terbentuk juga strategi marketing produk-produk UMKM Cianjur,” tandas Herman Suherman.

Selanjutnya, mahasiswa dan dosen Unas juga berkunjung ke DPRD Cianjur. Dalam pertemuan ramah tamah,  Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cianjur Deden Nasihin., S.sos.,I.M.K.P juga memberikan apresiasinya kepada mahasiswa dan Dosen Universitas Nasional yang telah memilih desa Gadog untuk tempat pengabdian kepada masyarakat.

“Di jaman seperti ini kita harus membuat cara baru sehingga kita tidak akan ketinggalan jaman, bukan hanya di  ekonomi, politik juga seperti itu. Saya terimakasih kepada mahasiswa dan dosen Universitas Nasional dan kami akan genjot terus bagaimana pemerintah daerah dalam hal stimulus dengan berbagai upaya untuk meningkatkan UMKM. Kamu bersyukur dengan adanya teman-teman disini ada sesuatu hal yang positif bisa ada disini,” ungkap Deden di gedung DPRD Kabupaten Cianjur.

Kegiatan PKM Unas ini mengambil tema: “Strategi Meningkatkan Penjualan Melalui Digital Marketing & Branding Produk UMKM desa Gadog”. Kegiatan diisi oleh 42 mahasiswa yang dibagi menjadi 3 kelompok dengan memberikan presentasi dan sosialisasi mengenai digital marketing, branding dan keuangan.

Kedatangan mahasiswa dan dosen Universitas Nasional juga didukung oleh Kepala Desa Gadog Hj. Mohammad Mochtar, S.H. Menurutnya PKM Universitas Nasional selaras dengan program desa Gadog.

“Sesuai dengan program Kabupaten Cianjur, khususnya Desa Gadog, pasca Covid perekonomian berada di titik bawah dan untuk itu program saat ini sedang mendagangkan produk UMKM di setiap kegiatan. Namun UMKM terbentur masalah pemasaran. Mudah-mudahan dengan PKM ini bisa meningkatkan penjualan UMKM di desa ini”, pungkasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kumba Digdowiseiso S.E., M.App.Ec., Ph.D., menyampaikan kegiatan PKM ini dilakukan untuk mengenali kondisi dan potensi yang di masyarakat Desa Gadog.

“Saya bersama mahasiswa dan dosen di sini, pertama kalinya untuk melakukan PKM real ke masyarakat. Jadi kami bisa tahu kondisi dan potensi di masyarakat desa Gadog. Dari uji petik hingga sekarang kendala UMKM adalah masalah marketing dan bagaimana produk bisa bergerak di era digital, kami coba untuk masuk di UMKM Cianjur,” kata Kumba.

“Keinginan kami, Desa Gadog bisa jadi proyek percontohan. Ini merupakan target awal dan sebagai motivasi,” tambahnya.

Digital Marketing

Kegiatan PKM di desa Gadog, sesi pertama diisi oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAS Tidarnuraini, Mereka mempresentasikan mengenai Branding. Pada sesi kedua kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Putri Adwi bersama kelompoknya memberikan pelatihan berupa digital marketing. Ia dan teman-temannya membantu para pelaku UMKM untuk membuat akun dagang, seperti WhatsApp Business, Tokopedia, Facebook maupun Shopee.

Kegiatan diakhiri dengan materi Keuangan yang dipresentasikan oleh Kunti Lestari dengan memberikan tips dan trik membuat pembukuan.

Di sisi lain, pelaku usaha UMKM, Suci Rahma Insani merasa terbantu dengan adanya kegiatan PKM oleh HIMAJEM. “Saya sangat terbantu dengan adanya kegiatan dari mahasiswa UNAS. Tadinya kita hanya jualan lewat mulut ke mulut, sekarang kita jadi tahu bagaimana cara untuk berjualan online karena sebenarnya produk kita sudah banyak tapi terkendala pemasaran. Semoga nanti kedepan UNAS bisa datang kesini lagi untuk membantu UMKM yang ada di desa Gadog,” katanya.

Pada penutupan kegiatan Dr. Subur Karyatun, S.E.,M.M., Sekretaris Prodi Manajemen FEB UNAS sekaligus dosen pendamping kegiatan PKM menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa dan peserta umkm.

“Saya sangat bersyukur dan berterimakasih disini karena sudah diterima dengan baik, saya juga mengapresiasi mahasiswa yang melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik Semoga ada kebaikan yang bisa diambil pada kegiatan PKM ini”, ucapnya.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat HIMAJEM didampingi oleh dosen FEB Dr. Drs. Suadi Sapta Putra, M.Si.M, Dr. Molina, SE., M.Si., Ak., CA, dan  Dr. Herry Krisnandi, S.E., M.M.

Pada hari terakhir kegiatan pengabdian kepada masyarakat diisi dengan games dan pengenalan produk-produk UMKM Desa Gadog, Cianjur. (TIN)

 

Redaksi
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

Pidato di PLBA, Menparekraf RI: Saya Percaya Mahasiswa Unas Salah Satu Dari Generasi Muda yang Berkualitas

Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik (PLBA) untuk mahasiswa baru Universitas Nasional semester ganjil Tahun Akademik 2022/2023 mulai dibuka pada...

Alumni dan Fak. Biologi Unas Bahas Manfaat Pandan Laut di Bio Coffee Talk 

Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Biologi Universitas Nasional (IKA FABIONA) bekerjasama dengan Fakultas Biologi Universitas Nasional menyelenggarakan Bio Coffee Talk....

KKL Mahasiswa Agroteknologi Unas: Terjun Langsung ke Desa Jeruk Boyolali, Kunjungi UPN dan Industri Sereal

Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Nasional melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Desa Jeruk, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali,...

Featured

Pidato di PLBA, Menparekraf RI: Saya Percaya Mahasiswa Unas Salah Satu Dari Generasi Muda yang Berkualitas

Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik (PLBA) untuk mahasiswa baru...

Alumni dan Fak. Biologi Unas Bahas Manfaat Pandan Laut di Bio Coffee Talk 

Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Biologi Universitas Nasional (IKA FABIONA)...

You might also likeRELATED
Recommended to you