Politik Tingkatkan Penelitian Kolaboratif Taraf Internasional, Himapublik Fisip Unas Lawatan...

Tingkatkan Penelitian Kolaboratif Taraf Internasional, Himapublik Fisip Unas Lawatan ke Singapura dan Malaysia

-

Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional (Himapublik Fisip Unas) menyelenggarakan lawatan intelektual ke negeri jiran Singapura dan Malaysia. Kegiatan dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2023.

Kegiatan yang dimotori mahasiswa Program studi Administrasi Publik tersebut, mengambil tema Collaborative Research and Benchmarking 2023 Singapura – Malaysia. Kegiatan diikuti oleh 32 orang mahasiswa, 11 orang dosen dan 1 orang juru foto dari MPR Universitas Nasional. Kegiatan ini berlangsung sepanjang 19 – 25/5/2023.

Ini merupakan kegiatan tahunan HIMAPUBLIK FISIP UNAS, dan ini menjadi kegiatan ke-8 yang penyelenggaraannya bertaraf internasional. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk kunjungan ke beberapa perguruan tinggi terkemuka, diantaranya Nanyang Technology University – NTU Singapore, Universiti Teknologi  Malaysia (UTM) Johor Bahru, Malaysia dan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) Kuala Lumpur, Malaysia.

Delegasi dipimpin langsung oleh Dekan FISIP UNAS, Dr. Erna Ernawati Chotim, M.Si, didampingi Wakil Dekan I Bidang Akademik Fisip UNAS, Dr. Bhakti Nur Avianto, M.Si. Dalam keterangannya, Dekan Fisip Unas, Dr. Erna Ernawati Chotim, M.Si mengatakan bahwa, kegiatan dalam bentuk banchmarking ke Nanyang Technology University – NTU Singapure, Universiti Teknologi  Malaysia (UTM) Johor Bahru, dan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) Kuala Lumpur ini merupakan tolok ukur.

Selain itu, juga untuk bertukar pengalaman dan mengetahui serta mempelajari bagaimana berbagai capaian, kualitas dan presitasi di tingkat nasional maupun internasional yang dapat diraih. Karenanya, dalam kegaitan ikut pula Kepala Badan Penjaminan Mutu Universitas Nasional, Dr. Muhani, S.E., M.Si.M dan tim, diantaranya Ir. Endah Tri Esthi Handajani, M.M.S.I dan Mia Handini, S.T., M.M.S.I.

Disampaikan oleh Dr. Erna Ernawati Chotim, M.Si bahwa, dari kegiatan Benchmarking 2023 Singapura – Malaysia ini akan terjalin kerjasama Universitas Nasional dengan Nanyang Technology University – NTU Singapure, Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Johor Bahru. Selain itu, Universitas Nasional juga telah melakukan MoU dengan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) Kuala Lumpur, Malaysia.

“Karenanya, ini juga merupakan kunjungan balasan untuk merealisasikan berbagai bentuk kerja sama di bidang akademik, riset atau penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang keseluruhannya berkaitan dengan tuntutan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan mewujudkan mimpi Fisip UNAS meraih prestasi dan akreditasi Unggul dan bertaraf internasional,” ujar Dr. Erna Ernawati Chotim, M.Si.

Kegiatan lawatan ke negeri jiran Singapura dan Malaysia ini juga merupakan kegiatan Collaborative Research dalam bentuk Penelitian Stimulus dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB), Johor Bahru, Malaysia. Kegiatan inimelibatkan dosen-dosen peneliti dari Adminsitrasi Publik Fisip UNAS, mahasiswa dan diikuti pula oleh Cyntia Dewi Anggraini, S.I.Kom., M.I.Kom dari Unit Pengabdian Kerjasama Penelitian dan Kerjasama Fisip Unas.

Ketua Program Studi Administrasi Publik Fisip Unas, Dr. Mary Ismowati, M.Si menyatakan bangga dan berbahagia karena Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional (Himapublik Fisip Unas) mampu menyelenggarakan kegiatan akademik bertaraf internasional.

“Hal penting dari kegiatan ini adalah, bahwa Program Studi Administrasi Publik Fisip Unas, dosen dan mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga dan dapat menerapkannya kelak di Unas. Dan yang lebih penting dari itu, kita akan menghasilkan produk-produk ilmiah dalam bentuk laporan penelitian stimulus dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang output akhirnya adalah dalam bentuk jurnal internasional dan nasional,” kata Dr. Marry Ismowati, M.Si.

Sebagai wujud rasa syukur Alhamdulillah atas terlaksananya kegiatan Collaborative Research and Benchmarking 2023 Singapura – Malaysia oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional (Himapublik Fisip Unas) ini, Sekretaris Program Studi Administrasi Publik Fisip Unas, Dr (Can) Angga Sulaiman, S.IP memberikan apresiasi kepada Himapublik Fisip Unas yang mampu menjawab tantangan untuk melampaui kegiatan Collaborative Riset Labuan Bajo, sebagai event tahunan Ke – 7.

“Saya berharap keberhasilan ini tidak berhenti hanya sampai di sini. Dengan pola yang sudah terbangun hari ini akan memudahkan langkah kita untuk belajar lebih jauh. Insha Allah bisa menyelenggarakan kegiatan di tahun-tahun mendatang ke Asia Timur, misalnya,” ungkap Angga Sulaiman.

“Dengan keberhasilan kegiatan ini, yang patut untuk kita syukuri adalah hasil investasi yang ditanam oleh berbagai pihak, kerja keras semua dan doa-doa yang melangit. Karenanya kita mengucapkan terimaksih kepada Ibu Dr. Erna Ernawati Chotim, M.Si, Dekan Fisip Unas yang dengan totalitas memback-up kegiatan ini, Ibu Dr. Mary Ismowati, M.Si, Ketua Program Studi Administrasi Publik Fisip Unas yang selalu mensupport keputusan yang diambil oleh kami dan adik-adik maasiswa yang tergabung di Himapublik Fisip Unas. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada semua dosen yang ikut dalam tim lawatan intelektual ke negei jiran,” katanya.

Sementara itu, Rita Fortuna selaku Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional dan Alwan Dwi Yanto sebagai Ketua Panitia Kegiatan Collaborative Research and Benchmarking 2023 Singapura – Malaysia mengucapkan terimakasih banyak kepada para dosen atas pertisipasinya dalam mengikuti kegiatan ini.

“Selain ucapan terima kasih, kami juga ingin memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Ibu dan Bapak doseb apabila selama kegiatan terdapat perkataan atau perbuatan yang dirasa kurang menyenangkan di hati Ibu dan Bapak dosen. Kami juga ingin mengucapkan terimakasih secara khusus dan istimewa kepada Ibu Dr. Erna Ernawati Chotim, Dekan Fisip Unas, Bapak Dr. Bhakti Nuravianto, Wakil Dekan Fisip Unas, Ibu Dr. Marry Ismowati, Kaprodi AP Fisip Unas, Bapak Dr (Can) Angga Sulaiman Sekretaris Prodi AP Fisip Unas, Ibu dan Bapak Dosen lainnya yang ikut dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Serta kepada semua Panitia dan mahasiswa yang ikuti dalam kegiatan ini semoga banyak ilmu pengetahuan dan pengalaman yang berharga yang kita dapatkan.” [*]

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you