Civitas Akademika Ratusan Siswa Se-Jabodetabek Ikuti Karantina FLS2N 2023 Universitas Nasional

Ratusan Siswa Se-Jabodetabek Ikuti Karantina FLS2N 2023 Universitas Nasional

-

Lebih dari seratus siswa dan guru dari sejumlah Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Madrasah Aliyah se-Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Nasional.

Kegiatan ini bertajuk Karantina Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2023. Penyelenggara kegiatan Karantina FLS2N 2023 di Universitas dilaksanakan Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNAS sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di ruang Lounge UNAS pada tanggal 5 Mei 2023, tampak ratusan siswa mengikuti pelatihan dalam rangkaian kegiatan.

FLS2N 2023 sendiri merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan & Ristek RI Balai Pembinaan Talenta. Ketua pelaksana yang juga Kepala Laboratorium Fotografi Ilmu Komunikasi FISIP UNAS, Umar Fauzi Bahanan, M.Si, mengatakan kegiatan Karantina FLS2N 2023 dilaksanakan untuk menyambut FLS2N tingkat SMA tahun 2023.

Pada perhelatan tahun ini terdapat mata lomba baru, di antaranya, karya jurnalistik, cerita pendek, dan fotografi. “Oleh karena itulah kami sejumlah dosen dari Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNAS, berinisiatif menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat mandiri kepada sejumlah siswa SMA, SMK, MA se-Jabodetabek dalam bentuk pelatihan untuk cabang lomba baru itu,” ungkap Umar yang juga praktisi televisi.

Dalam kegiatan Karantina FLS2N 2023 di UNAS, dihadirkan beberapa pemateri pada pelatihan antara lain, Selamat Ginting, M.I.Kom, yang memberikan materi penulisan jurnalistik. Anita Rosana, MA, dengan materi tentang akting dan produksi film. Umar Fauzi Bahanan, M.Si., dengan materi fotografi, dan ditutup oleh finalis Asia Got Talent 2019, Siti Syania, mahasiswa ilmu komunikasi FISIP UNAS, yang melatih bernyanyi bagi sejumlah siswa yang mengikuti lomba vokal solo.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNAS, Adi Prakosa, M.Si. mendorong agar sejumlah dosen melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang di dalamnya terdapat pengabdian kepada masyarakat.

“Kami mendorong agar Tri Dharma Perguruan Tinggi dilakukan di setiap semester oleh sejumlah dosen kami, dengan ide kegiatan yang menarik dan sekaligus menjadi ajang promosi kampus di masyarakat,” kata Adi yang tengah merampungkan program doktor ilmu komunikasi.

Hadir pula sekretaris prodi ilmu komunikasi, Nursatyo, M.Si yang memberikan semangat dan motivasi kepada para peserta.

Ketua MGMP Seni Budaya SMA DKI Jakarta, Fermi Fahmi, S.Pd, mengungkapkan rasa terima kasih kepada civitas akademika UNAS atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Respons cepat dari teman-teman dosen UNAS sangat kami apresiasi. Terus terang kami para guru seni, tidak terlalu menguasai keilmuan jurnalistik dan lainnya yang kini masuk sebagai cabang lomba di FLS2N. Dengan karantina ini, anak-anak murid kami bisa mendapatkan ilmunya hingga tingkat teknis dari sejumlah praktisi yang juga dosen,” ujar Fermi, guru seni budaya dari SMAN 11 Jakarta.

Kegiatan ini dihadiri lebih dari 125 siswa dari 20 sekolah, di antaranya, SMAN 99 Jakarta, SMAN 41 Jakarta, MAN 21 Jakarta, SMAN 39 Jakarta, SMAN 25 Jakarta, SMKN 11 Jakarta, SMAN 29 Jakarta, SMAN 90 Jakarta, SMAN 28 Jakarta, SMAN 47 Jakarta, SMK Khazanah Kebajikan Tangerang Selatan Banten, SMA Islam Al-Azhar, BSD Tangerang Selatan Banten, SMAN 101 Jakarta, SMK Muhammadiyah 2 Tangerang, SMAN 93 Jakarta, dan SMAN 11 Jakarta.

Pemateri jurnalistik, Selamat Ginting, M.I.Kom, mengatakan kegiatan karantina perlu dilakukan di setiap tahunnya guna mempertajam kemampuan menulis bagi siswa SMA sederajat ini.

“Ada baiknya kegiatan ini dilakukan rutin, sebab siswa-siswi ini akan beregenerasi terus, dan perlu dapat pembinaan jelang lomba FLS2N”, pungkas Selamat Ginting, jurnalis senior yang pernah berkiprah di Media Indonesia, Metro TV, dan Republika. (*)

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you