Sosial Mengenal Jurusan Bahasa Korea di Unas, Pertama di Indonesia...

Mengenal Jurusan Bahasa Korea di Unas, Pertama di Indonesia Untuk Universitas Swasta

-

Jurusan Bahasa Korea menjadi program studi yang mulai mengalami peningkatan tren di Indonesia. Ada lima perguruan tinggi negeri yang membuka jurusan ini. Universitas Nasional, adalah universitas swasta pertama yang membuka untuk jenjang pendidikan Strata Satu.

Jurusan Bahasa Korea untuk jenjang S1 berada di bawah Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Nasional. Prodi Bahasa Korea di Unas, terbilang baru jika dibandingkan dengan prodi lainnya seperti Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Jepang, serta Bahasa dan Sastra Inggris yang sudah ada di Unas.

Jurusan Bahasa Korea di Unas ini, menjadi satu-satunya jurusan yang dibuka oleh kampus swasta di Indonesia untuk jenjang strata satu atau S1 hingga saat ini.

Di Indonesia, Jurusan Bahasa Korea masih terbilang muda. Di Universitas Indonesia, prodi ini baru dibuka pada tahun 2006 dengan nama Fakultas Bahasa dan Kebudayaan Korea. Meskipun tergolong baru, peminat prodi ini cukup tinggi.

Setidaknya masuk peminat yang mendaftar ke jurusan ini, berada dalam 5 peringkat besar peminatan prodi di universitas negeri tersebut.

Selain itu, ketentuan pembatasan ruang penerimaan juga membuat tidak semua peminat dapat diterima. Karena itu, siswa yang berminat untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi pada prodi ini, jika tidak berhasil lolos di UI, harus mencoba keberuntungan di universitas lain.

Universitas selanjutnya yang membuka jurusan Bahasa Korea adalah Universitas Gadjah Mada. Prodi S1 jurusan Bahasa dan Sastra Korea ini resmi berdiri pada tahun ajaran 2007-2008 atau setahun setelah Prodi ini dibuka di Universitas Indonesia.

Universitas Gadjah Mada membuka jenjang S1-nya, dengan daya tampung yang juga tidak sebanding dengan peminat. Karena itu, peminat prodi yang gagal diterima di UGM harus mencari ke universitas lainnya.

Alternatif lain untuk peminat prodi Korea adalah Universitas Pendidikan Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia membedakan kompetensi kurikulumnya dengan lebih fokus pada pengajaran. Para lulusan prodi ini, lebih dipersiapkan menjadi tenaga pendidik bahasa Korea setelah menyelesaikan jenjang strata satunya.

Terbatasnya ruang tampung penerimaan universitas-universitas negeri bagi para peminat prodi Bahasa Korea, bisa juga diserap di jenjang lain, yaitu jenjang vokasi.

Para peminat prodi Bahasa Korea bisa memilih jenjang Diploma Tiga maupun kursus-kursus kebahasaan Korea yang telah banyak dibuka di berbagai universitas di Indonesia.

UNAS Jalin Kerjasama dengan Korean Cultural Center Indonesia

Prodi Bahasa Korea di Unas

Jurusan Bahasa Korea Universitas Nasional dengan jejang strata satunya merupakan solusi bagi para peminat bahasa Korea yang ingin lebih memperdalam kajian bahasa dan kebudayaan Korea. Jurusan ini tidak bersifat vokasional, yang biasanya bisa ditempuh pada jenjang Diploma Tiga.

Jurusan Bahasa Korea di Unas berdiri berdasarkan SK MENRISTEK DIKTI, NO.40.439/KPT/I/2016. Fakultas Sastra Universitas Nasional, adalah satu-satunya Universitas yang telah membuka prodi ini.

Sejak berdirinya, jurusan ini paling banyak diminati oleh calon mahasiswa baru dibanding beberapa jurusan lainnya. Berbeda dengan prodi vokasi. Fakultas Sastra, Jurusan Bahasa Korea, Universitas Nasional banyak meramu silabus kurikulum sendiri dengan menggabungkan ketrampilan vokasi, baik pada keterampilan berbahasa maupun keterampilan lainnya.

Setidaknya, pengenalan terhadap kebudayaan korea. Baik dari sisi sejarah, religi, adat-istiadat, maupun kebudayaan masyarakat korea modern.

Selain itu, para mahasiswa juga dibekali pengetahuan wawasan tentang pendidikan dan pengajaran bahasa korea. Tentu saja hal ini menjadi sangat bermanfaat jika peserta didik yang telah lulus tersebut memilih untuk mengabdikan diri pada dunia pendidikan dan pengajaran.(*)

Penulis: Ikbal Muhammadan

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you