Ekbis Virtual Sales Expo 2022 Inkubator Wirausaha Mandiri Unas Hadirkan...

Virtual Sales Expo 2022 Inkubator Wirausaha Mandiri Unas Hadirkan 24 Booth

-

Kegiatan rutin Inkubator Wirausaha Mandiri Universitas Nasional, Virtual Sales Expo 2022 berjalan sukses. Diikuti oleh 24 booth, kegiatan tahun ini bekerja sama dengan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) serta Korean Women International Network (KOWIN).

Ketua pelaksana Siti Tuti Alawiya, S.S., M.Hum., mengatakan, pameran bisnis tersebut berlangsung pada 25 s/d 28 Juli 2022 dan bertujuan untuk mempromosikan karya terbaik serta hasil produk usaha secara virtual.

“Kegiatan ini terbuka bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kewirausahaan, alumni, dosen, serta masyarakat umum. Kami juga menilai kreativitas dari para peserta melalui video singkat mengenai bisnis plan BMC,” ujarnya dalam penutupan kegiatan, Jumat (29/07).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Inkubator Wirausaha Mandiri Unas, Dr. Drs. Suadi Sapta Putra, M.Si.M., mengatakan, di era virtual saat ini, mahasiswa harus bisa mengambil peluang wirausaha karena banyaknya kesempatan dan kemudahan akses teknologi informasi yang semakin berkembang.

“Kami juga berharap usai kegiatan ini berlangsung mahasiswa dapat menumbuhkan mindset dan jiwa entreprenurship di dalam dirinya,” ucap Suadi. Ia menuturkan, kegiatan ini mengusung tema ‘Internasionalisasi Industri Pariwisata Ekonomi Kreatif’.

Hadir sebagai narasumber, Director of KOWIN Indonesia Hur Young Soon mengatakan, dalam memulai wirausaha, seseorang harus mengetahui apa yang  menjadi kesenangan dan kelebihannya. Menurutnya, ide bisnis dapat ditemukan dimulai dari hobi dan kesukaan.

“Ketika ingin berbisnis, kita harus senang dengan apa yang akan dijalani, suka dengan apa yang mau kita pasarkan, dan memahaminya. Jika nanti sudah menemukan hal tersebut, maka carilah partner yang bisa mendukung dan memiliki pemikiran yang sama untuk menjalankan bisnis tersebut,” paparnya dalam kegiatan penutup.

Perempuan yang akrab disapa Ayu itu juga menjelaskan mengenai Crowd Funding for Start-up Companies. Crowd Funding ini merupakan pendanaan yang dikumpulkan dari banyaknya orang, yang tertarik dan meminati gagasan dari suatu usaha yang sedang dibangun.

Sementara itu, Founder AirPrive Fernando Relington menuturkan, seorang wirausaha harus memiliki mental yang kuat, siap untuk merugi, dan siap untuk jatuh serta bangkit kembali. “Menjadi wirausaha kita tidak pernah bisa memprediksi apa yang besok terjadi, oleh sebab itu, dibutuhkan mental dan kegigihan yang kuat untuk dapat bertahan”, tuturnya.

Ia melanjutkan, jatuh dan merugi merupakan hal yang biasa dalam dunia bisnis. Dengan kegagalan tersebut, seorang wirausaha dapat mengambil hikmah dan pelajaran untuk kembali memulai bisnis kedepannya.

“Balik lagi, perkuat mental, ketika sudah rugi, mental yang kuat pasti masih memiliki semangat untuk terus mencoba dan mencoba lagi, sampai akhirnya mencapai kesuksesan yang diinginkan”, pungkasnya.

Di sisi lain, Staff FTKI Unas Erina Ramzani mengatakan, virtual sales expo 2022 dapat dikunjungi melalui tautan http://unig.unas.ac.id/salesexpo/ .Para pengunjung dapat mengeklik link youtobe untuk melihat video promosi, juga mengeklik tautan Whatsapp atau Telegram untuk dapat terhubung dan melakukan transaksi dengan penjual.

“Para pengunjung juga bisa memberikan penilaian kepada booth  dengan mengeklik ‘vote’. Satu email hanya bisa digunakan untuk satu kali vote di setiap booth”, jelasnya.

Selama 4 hari berlangsung, adapun booth yang meraih kunjungan dan voting terbanyak dimenangi oleh ‘Jamu Ala Mamake’. Sementara pengunjung dengan kunjungan dan voting terbanyak diraih oleh [email protected] (NIS)

Redaksi
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

Belajar Pasar Modal, FEB Unas Hadirkan ‘Value Investing bersama Lo Kheng Hong’ 

Generasi muda Indonesia, seharusnya mulai melek berinvestasi saham. Bagaimanapun juga, saat ini harta karun kekayaan terbesar di dunia terdapat...

Virtual Sales Expo 2022 Inkubator Wirausaha Mandiri Unas Hadirkan 24 Booth

Kegiatan rutin Inkubator Wirausaha Mandiri Universitas Nasional, Virtual Sales Expo 2022 berjalan sukses. Diikuti oleh 24 booth, kegiatan tahun...

Naibonat, Kampung Toleransi di Perbatasan Timor Leste dan Australia (Catatan Pengabdian Masyarakat Dosen Unas)

Namanya Naibonat. Dikenal sebagai Kampung Toleransi. Lokasinya berada di Kelurahan Naibonat, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara...

Featured

Belajar Pasar Modal, FEB Unas Hadirkan ‘Value Investing bersama Lo Kheng Hong’ 

Generasi muda Indonesia, seharusnya mulai melek berinvestasi saham. Bagaimanapun...

Virtual Sales Expo 2022 Inkubator Wirausaha Mandiri Unas Hadirkan 24 Booth

Kegiatan rutin Inkubator Wirausaha Mandiri Universitas Nasional, Virtual Sales...

You might also likeRELATED
Recommended to you