Ekbis Selamat, Mahasiswi FEB Unas Raih Juara 1 Putri Duta...

Selamat, Mahasiswi FEB Unas Raih Juara 1 Putri Duta GenRe Jaksel

-

Mahasiswi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional, Yulia Dwi Rahmawati berhasil menorehkan prestasi pada ajang pemilihan Duta Generasi Berencana (Duta GenRe) Kota Administratif Jakarta Selatan.

Yulia Dwi Rahmawati menjadi Juara 1 Puteri lomba Duta GenRe pada malam grand final yang digelar pada 13 September 2020.

Pemilihan Duta GenRe ini diinisiasi Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Perempuan, dan Pengendalian Penduduk (Sudin PPAPP) DKI Jakarta bekerja sama dengan BKKBN.

Lomba dimulai dengan pendaftaran pemilihan duta genre sejak Juli 2020. Pada ajang kali ini, tema yang diangkat adalah Brave atau Behavior, Action and Visionary.

Pada 9 Agustus 2020 diadakan audisi pemilihan duta genre Jakarta Selatan yang meliputi tes wawancara, bahasa inggris, psikologi, pengetahuan umum dan kependudukan. Kemudian dipilih 14 peserta dengan 7 perempuan dan 7 laki-laki yang memenuhi kriteria untuk menjalani karantina.

Karantina pemilihan duta genre Jakarta Selatan dilakukan dengan pembekalan berbagai materi mengenai seorang duta, public speaking, psikologi, engagement, bahasa Inggris, bangga kencana, bahasa tuna netra.

Berdasarkan situs web http://www.genreindonesia.com/duta-genre-indonesia/ dijelaskan bahwa BKKBN mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe) dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan, sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarier dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda. Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan NAPZA guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Di dalam program GenRe, dikembangkan materi-materi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja, Life Skill, Penyiapan Kehidupan Berkeluarga, serta Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

Dalam rangka meningkatkan sosialisasi dan promosi program GenRe, diperlukan figur motivator dari kalangan remaja. Figur motivator inilah yang akan menjadi wakil atau Duta GenRe.

Dengan adanya Duta GenRe, sosialisasi dan promosi program GenRe dilingkungan remaja akan lebih efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja sehingga menjadi ramah remaja.

Di samping itu, di lingkungan remaja secara umum, ikon Duta GenRe dirasa memberi nilai lebih dalam hal sosialisasi dan promosi program GenRe.(*)

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you