Sosial PPI Unas Bedah Buku Muslim Environmentalism

PPI Unas Bedah Buku Muslim Environmentalism

-

 

Prof. Anna M.Gade
Prof. Anna M.Gade

Pusat Pengajian Islam Universitas Nasional melakukan diskusi dan bedah buku “Muslim Environmentalism”. Kegiatan dilakukan dalam Kajian Jum’at #12 yang dilaksanakan Jumat, (18/09/2020) di Jakarta melalui aplikasi Zoom meeting.

“Muslim Environmentalism” adalah buku karya Prof. Anna M.Gade dari University of Wisconsin Amerika Serikat. Buku ini berisi tentang beragamnya perspektif masyarakat muslim dalam menginterpretasikan dan menjalankan nilai-nilai ajaran Islam terkait isu lingkungan.

Penulis buku Prof. Anna M.Gade, hadir langsung dalam diskusi ini. Selain itu, hadir pula Ketua Pusat Pengajian Islam Universitas Nasional Dr. Fachruddin Mangunjaya, serta para undangan diskusi.

Dalam paparannya, Prof. Anna M.Gade menjelaskan bahwa dalam buku ini, ia mencoba mengeksplorasi dasar-dasar agama dan budaya dari lingkungan hidup Islam. Selain itu, ia juga memadukan studi tekstual dan etnografi untuk menawarkan penjelasan komprehensif dan interdisipliner tentang prinsip-prinsip hukum, etika, sosial, dan empiris yang mendasari komitmen Muslim terhadap bumi.

“Dalam buku ini saya ingin menegaskan dari perspektif agama Islam bahwa ini (lingkungan) merupakan rahmat dari Maha Pencipta. Dan menjelaskan bagaimana pandangan dari agama Islam itu sendiri dalam memahami lingkungan,” ujar Prof. Anna.

Ia menambahkan bahwa Muslim Environmentalisme menunjukkan betapa beragam komunitas muslim dan mazhab atas pemikirannya telah menjawab pertanyaan ekologi dunia saat ini, dan dunia yang akan datang.

Anna memanfaatkan spektrum materi yang kaya seperti kitab suci, yurisprudensi, sains, seni, dan keterlibatan sosial dan politik serta melakukan kerja lapangan di Indonesia dan Asia Tenggara.

“Buku ini menyatukan studi kasus dalam manajemen bencana, program pendidikan, pembangunan internasional, proyek konservasi, ritual dan pertunjukan keagamaan, dan hukum islam untuk memikirkan kembali teori-teori kunci,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Prof. Anna menunjukkan bahwa tradisi Islam menuntun untuk melihat lingkungan sebagai ide etis, bergerak melampaui kerangka alam dan krisis yang sudah mapan. “Muslim environmentalisme memodelkan pendekatan baru untuk studi agama dan lingkungan dari perspektif humanistik, menafsirkan kembali masalah di persimpangan berbagai disiplin ilmu untuk mengusulkan pemahaman postkolonial dan global lingkungan dalam hal hubungan konsekuensial,” ungkap Prof. Anna.

Prof. Anna M. Gade merupakan vilas profesor prestasi terkemuka studi lingkungan dan dekan asosiasi penelitian & pendidikan Institut Gaylord Nelson untuk studi lingkungan di Universitas Wisconsin-Madison.

Ia juga sebagai ketua komite sarjana untuk jurusan studi lingkungan dan program sertifikat Afiliasi di UW-Madison, yang mengawasi kurikulum untuk lebih dari lima ratus gelar siswa di UW-Madison.

Selain menulis buku Muslim Environmentalisms, ia juga pernah menulis buku Perfection Makes Practice: Learning, Emotion, and the Recited Qur’an di Indonesia pada tahun 2004 dan The Qur’an: An Introduction pada tahun 2010.(DMS)

Redaksi
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

Energi Ramadhan, BAU Unas Ikut Berbagi Nasi Kotak di Kelurahan Pasar Minggu

Universitas Nasional, dalam rangkaian kegiatan Ramadhan, ikut memberikan dukungan pada program yang digelar oleh Pemprov DKI Jakarta, yaitu “Energi...

BPM Unas Lakukan Coaching Clinic Untuk Sinkronisasi Pembelajaran Daring

  Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Nasional (Unas) melakukan coaching clinic implementasi dan sinkronisasi pembelajaran daring melalui Learning Management System...

Inilah Korea Corner di Unas, Tempat Belajar Paling Populer

Bahasa Korea menjadi program studi yang mulai jadi tren di Indonesia. Setidaknya, ada lima perguruan tinggi negeri yang membuka...

Featured

Inilah Korea Corner di Unas, Tempat Belajar Paling Populer

Bahasa Korea menjadi program studi yang mulai jadi tren...

You might also likeRELATED
Recommended to you