Kesehatan Fikes Unas Gelar Ucap Janji Profesi Bidan

Fikes Unas Gelar Ucap Janji Profesi Bidan

-

Program Studi Kebidanan, Program Sarjana Terapan dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional melakukan Capping Day Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 secara virtual. Capping Day atau Ucap Janji Profesi adalah salah satu syarat untuk melaksanakan praktek lapangan.

Capping Day yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 20 Maret 2021 dihadiri oleh tamu dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Diantaranya adalah Wakil Ketua I PD IBI DKI Jakarta, Ibu Sri Danarti, Am.Keb, SKM; Ketua PC IBI Jakarta Selatan, Ibu Nurainih, SST., M.Kes., MM; Wakil Ketua II PC IBI Jakarta Selatan, Ibu Resti Damanik, S.SiT., M.Kes; Sekretaris PC IBI Jakarta Selatan, Ibu Eti Nurbaiti Hasanah Amd. Keb.

Selain itu, hadir pula Dekan, Wakil Dekan, Ketua Prodi, Sekretaris Prodi dan Civitas Akademika dari Fakultas Ilmu Kesehatan kedua prodi, serta para orangtua atau wali mahasiswa.

Melalui Prosesi Capping Day ini, diharapkan para mahasiswi kebidanan dapat memaknainya sebelum turun ke lapangan, sehingga dapat memupuk jiwa kemandirian, kerjasama, kepedulian terhadap sesama serta mempunyai tanggung jawab moral terhadap profesi yang diemban.

Ketua Pelaksana kegiatan Capping day periode ini adalah Yenny Aulia, SST, M.Keb. Kegiatan diikuti oleh 11 Mahasiswa Kebidanan Program Sarjana Terapan dan 25 Mahasiswa Pendidikan Profesi Bidan.

“Diharapkan mahasiwa agar dapat menanamkan niat suci yang dibacakan dalam ucap janji nanti,” demikian disampaikan oleh Yenny Aulia, SST, M.Keb.

Pada ucap janji ini dilakukan pemasangan nametag oleh orangtua atau wali mahasiswa, serta pembacaan dan penandatanganan naskah ucap janji oleh mahasiswa, Ketua Prodi dan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Unas.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Dr. Retno Widowati, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bangga kepada calon bidan profesional yang nantinya akan menjadi penyelamat wanita di mayapada. “Saya berharap mahasiswa dapat melaksanakan pelayanan dalam bidang kebidanan, memahami dan menyadari hakikat tanggung jawab sesuai dengan janji yang sudah di ucapkan, serta memelihara kedisiplinan dalam menjalankan tugas sebagai calon bidan professional,” kata Dr. Retno Widowati, M.Si.

Wakil Ketua I IBI DKI Jakarta, Sri Danarti, Am.Keb, SKM dalam sambutannya menyampaikan:“Prosesi ini bermakna mahasiswa sah untuk melakukan praktik klinik kebidanan di tatanan pelayanan kesehatan yang nyata.”

Mahasiswa harus memiliki bekal pengetahuan, keterampilan, sikap dan etika serta kode etik bidan dalam praktik nyata di lahan secara professional. “Sebagai bidan harus memegang teguh rahasia pasien dan rahasia jabatan, menghargai dan menghormati hak pasien, serta mengutamakan kepentingan klien diatas kepentingan pribadi” tambah Danarti. (*FMD)

Berikut Ucap Janji Profesi Bidan Fikes Unas

Redaksi
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

Energi Ramadhan, BAU Unas Ikut Berbagi Nasi Kotak di Kelurahan Pasar Minggu

Universitas Nasional, dalam rangkaian kegiatan Ramadhan, ikut memberikan dukungan pada program yang digelar oleh Pemprov DKI Jakarta, yaitu “Energi...

BPM Unas Lakukan Coaching Clinic Untuk Sinkronisasi Pembelajaran Daring

  Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Nasional (Unas) melakukan coaching clinic implementasi dan sinkronisasi pembelajaran daring melalui Learning Management System...

Inilah Korea Corner di Unas, Tempat Belajar Paling Populer

Bahasa Korea menjadi program studi yang mulai jadi tren di Indonesia. Setidaknya, ada lima perguruan tinggi negeri yang membuka...

Featured

Inilah Korea Corner di Unas, Tempat Belajar Paling Populer

Bahasa Korea menjadi program studi yang mulai jadi tren...

You might also likeRELATED
Recommended to you