Sains Cerita Daun Binahong di Pekan Ilmiah Mahasiswa Keperawatan Nasional

Cerita Daun Binahong di Pekan Ilmiah Mahasiswa Keperawatan Nasional

-

Namanya Afifah Nadidah dan Jeany Velisya Lenahatu. Keduanya adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi Keperawatan Universitas Nasional. Melalui daun binahon, mereka berhasil menjadi juara tiga dalam kategori lomba poster ilmiah.

Inilah yang istimewa dari cerita daun binahong. Dua mahasiswa ini menjadikan daun yang mudah ditemui dan mudah ditanam ini, dalam sebuah lomba ilmiah.

Afifah Nadidah cukup logis. Katanya, dengan menjadikan daun binahong dalam lomba poster ilmiah, ia ingin mengangkat tentang manfaat daun binahong bagi kesehatan.

“Saya memilih daun binahong sebagai tema poster ilmiah karena selain mudah ditanam oleh semua orang, daun binahong juga memiliki berbagai manfaat yang bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan atau pencegahan berbagai penyakit,” kata Afifah di Jakarta, pada Kamis (23/7).

Dua mahasiswa Universitas Nasional ikut berlomba di tingkat nasional dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Keperawatan Nasional (Pilketannas) 2020 yang dihelat oleh Universitas Tanjung Pura.

Afifah Nadidah dan Jeany Velisya Lenahatu, pada Pilketannas 2020 ini, mengikuti dua kategori lomba, yaitu kategori karya tulis ilmiah dan kategori poster ilmiah. Keduanya sama-sama mengangkat manfaat daun binahong.
Tentu, mereka juga memiliki kesulitannya dalam membuat terutama Karya Tulis Ilmiahnya. Namun, hal itu bisa dilalui. Sebab, poster yang mereka buat harus berdasarkan karya tulis ilmiah yang juga diikutkan lomba.

Jadi, tantangan yang harus mereka lalui adalah benar-benar mempelajari secara mendalam tentang penelitian-penelitian yang membahas tentang daun binahong. “Tapi kebetulan karya tulis ilmiahnya justru nggak lolos, malah posternya yang lolos,” ujar Afifah.

Ini menjadi momen penting bagi Afifah dan almamaternya. Karenanya, dia berharap agar mahasiswa Universitas Nasional jangan pernah menyerah sama keadaan.

“Terus gali potensi diri. Kesempatan untuk berprestasi banyak banget, tinggal bagaimana diri kita untuk terus melangkah,” tutur mahasiswa Fikes angkatan 2018 itu.

Terhadap prestasi ini, Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan, Ns. Dayan Hisni, S.Kep., M.N.S. menyatakan rasa bangganya. “Saya bangga sama mereka karena telah mampu mengharumkan nama prodi keperawatan Unas dikancah nasional melalui perlombaan poster ilmiah tingkat nasional,” katanya.

Karenanya, Ns. Dayan Hisni berharap agar para mahasiswa jangan merasa puas dengan pencapaian ini. Bagaimanapun, para mahasiswa harus terus menggali potensi diri.

“Harapan saya adalah agar mahasiswa jangan merasa puas atas pencapaiannya. Meskipun sudah sangat bagus, harus perlu ditingkatkan lagi untuk lomba berikutnya. Karena saya yakin potensi mahasiswa keperawatan Unas sangat baik,” tambah Dayan.(*)

sumber:

https://www.unas.ac.id/berita/berkat-daun-binahong-mahasiswa-fikes-berhasil-mengukir-prestasi-di-tingkat-nasional/

Redaksi
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

Belajar Pasar Modal, FEB Unas Hadirkan ‘Value Investing bersama Lo Kheng Hong’ 

Generasi muda Indonesia, seharusnya mulai melek berinvestasi saham. Bagaimanapun juga, saat ini harta karun kekayaan terbesar di dunia terdapat...

Virtual Sales Expo 2022 Inkubator Wirausaha Mandiri Unas Hadirkan 24 Booth

Kegiatan rutin Inkubator Wirausaha Mandiri Universitas Nasional, Virtual Sales Expo 2022 berjalan sukses. Diikuti oleh 24 booth, kegiatan tahun...

Naibonat, Kampung Toleransi di Perbatasan Timor Leste dan Australia (Catatan Pengabdian Masyarakat Dosen Unas)

Namanya Naibonat. Dikenal sebagai Kampung Toleransi. Lokasinya berada di Kelurahan Naibonat, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara...

Featured

Belajar Pasar Modal, FEB Unas Hadirkan ‘Value Investing bersama Lo Kheng Hong’ 

Generasi muda Indonesia, seharusnya mulai melek berinvestasi saham. Bagaimanapun...

Virtual Sales Expo 2022 Inkubator Wirausaha Mandiri Unas Hadirkan 24 Booth

Kegiatan rutin Inkubator Wirausaha Mandiri Universitas Nasional, Virtual Sales...

You might also likeRELATED
Recommended to you