Ekbis FEB Unas Kaji Strategi Audit Keuangan Pada Situasi Krisis

FEB Unas Kaji Strategi Audit Keuangan Pada Situasi Krisis

-

Audit keuangan menjadi salah satu sektor yang akan terimbas pandemi Covid-19. Operasional perusahaan atau bisnis yang terganggu akan berpengaruh langsung pada audit keuangan.

Melalui webinar dengan tema “Akuntansi, Audit, dan Peluang Riset di Masa Pandemi Covid-19” yang digelar Rabu, (12/08/2020) di Jakarta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional melibatkan para dosen dan mahasiswa di lingkungan FEB UNAS untuk mengkaji persoalan ini.

Dalam webinar tersebut, disepakati bahwa pandemi Covid-19 menjadikan bisnis harus mulai mempertimbangkan bagaimana pandemi mempengaruhi operasional mereka.

Pada situasi seperti ini, peran aktif para akuntan sangat diperlukan dalam memberi solusi. Terutama dalam menghadapi kemungkinan krisis dunia yang terus memburuk.

Diperlukan pertimbangan-pertimbangan riset akuntansi untuk membantu, khususnya bagi perusahaan untuk dapat keluar dari krisis ekonomi. Selain itu, audit yang dibuat juga diharapkan dapat memberikan arahan bagaimana pelaku bisnis menangani ketidakpastian dari sisi keuangan.

Dalam pemaparannya, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Bambang Subiyanto, S.E., M.Ak., CPA. mengatakan bahwa peran auditor pada laporan keuangan periode Covid-19 berada pada tingkat pengawasan yang ketat.

Menurutnya, seorang auditor memiliki kewajiban kepentingan publik untuk menyelesaikan pekerjaan audit sesuai dengan standar profesional dan ketentuan etika yang berlaku.

“Dalam kondisi ini, auditor harus mengakui bahwa cara melakukan audit sebelumnya diperlukan modifikasi signifikan untuk mengatasi tantangan dan ketidakpastian yang muncul dari dampak pandemi Covid,” ujarnya.

Bambang menambahkan bahwa di masa pandemi Covid-19, auditor perlu mempertimbangkan semua informasi saat ini dan dimasa mendatang terkait tentang bisnis.

“Auditor harus meningkatkan skeptisisme profesional yang sangat tinggi dan mengkomunikasikannya kepada manajemen dan pihak yang bertanggung jawab terhadap tata kelola,” katanya.

Sementara itu, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Molina, S.E., M.Si., Ak., CA. mengungkapkan bahwa masuknya pandemi Covid-19 ke Indonesia terjadi bersamaan dengan kewajiban pelaporan keuangan perusahaan.

“Apakah laporan keuangan akan dilaporkan di tahun 2020, dimana kondisi 2019 berbeda jauh dengan 2020? Nah, apakah hal itu cocok dengan laporan? Ini adalah PR besar para akuntan dalam memberikan informasi yang benar atas laporan keuangan,” kata Molina.

Ia juga mengatakan, di masa pandemi ini banyak perusahaan yang terpaksa menurunkan harga produk hingga menutup usahanya karena tidak mampu survive. Sehingga hal itu menjadi catatan para akuntan.

“Ini perlu note untuk para akuntan dan going konsen dimana banyak pelaku usaha yang menutup usahanya, ataupun menjual produk dengan harga yang murah. Maka, perlu peran kita memikirkan bagaimana going konsennya,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Padri Achyarsyah, S.E., M.M., DESS., Ak., CA., CPA. mengatakan bahwa audit keuangan sedang mengalami krisis karena tidak sesuai dengan prosedur. Maka dari itu, katanya, akuntan perlu memperhatikan laporan untuk tahun 2020 yang disesuaikan dengan kondisi saat ini.

“Kita sedang mengalami krisis audit karena audit tidak sesuai dengan aturan. Maka dari itu pada tahun 2020 perlu dipertimbangkan informasi penyesuaian atau non penyesuaian yang perlu dicantumkan dalam laporan keuangan akibat pandemi covid-19” ungkap Padri.(DMS)

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you