Civitas Akademika 119 Mahasiswa Unas Jalani PKKM Bela Negara di Dodik...

119 Mahasiswa Unas Jalani PKKM Bela Negara di Dodik Rindam Jaya

-

Mahasiswa Unas peserta PKKM Bela Negara di Rindam Jaya
Mahasiswa Unas peserta PKKM Bela Negara di Rindam Jaya

Sebanyak 119 mahasiswa Universitas Nasional, angkatan 2020/2021 menjalani Pelatihan Karakter dan Kepemimpinan (PKKM) Bela Negara di Depo Pendidikan Bela Negara Resimen Induk Komando Daerah Militer Jaya/Jayakarta.

Pelaksanaan PKKM Bela Negara ini merupakan kerjasama dari Universitas Nasional dengan Komando Daerah Militer Jaya/Jayakarta untuk pemberian pelatihan kepada mahasiswa baru “Kampus Perjuangan” tentang nasionalisme, kedisiplinan serta wawasan kebangsaan.

119 peserta yang mengikuti PKKM Bela Negara sebelumnya dinyatakan lolos seleksi dari 462 mahasiswa yang mendaftar. Para peserta ini juga dinyatakan lolos rapid test Covid 19 dan dinyatakan bebas narkoba melalui Surat Keterangan Bebas Penyalahgunaan Narkoba. Selain itu, juga telah dipenuhi persyaratan berupa Surat Izin dari orangtua dan beberapa persyaratan lainnya.

Ke-119 peserta PKKM Bela Negara Unas mulai menjalani pelatihan sejak Jumat pagi (06/11/2020). Para peserta sejak pukul 06.00 WIB, sudah di lokasi untuk melakukan persiapan. Meskipun telah dinyatakan negatif dari hasil rapid test, perlengkapan yang dibawa oleh peserta kemudian dilakukan penyemprotan disinfektan.

Selanjutnya, pada pukul 10.00 dilangsungkan upacara pembukaan PPKM Bela Negara dan serahterima peserta dari Unas kepada Depo Bela Negara Resimen Induk Komando Daerah Militer Jaya/Jayakarta.

Para peserta akan menjalani PPKM selama tiga hari, hingga hari Minggu (08/11/2020) di Depo Bela Negara Resimen Induk Komando Daerah Militer Jaya/Jayakarta.

Upacara pembukaan dipimpin oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Universitas Nasional, Dr. Drs. Zainul Djumadin, MSi didampingi Wakil Komandan Depo Pendidikan Bela Negara, Mayor (inf) Mistar.

Upacara pembukaan juga ditandai dengan penyematan secara simbolis tanda peserta didik kepada mahasiswa, dan pembacaan Ikrar Bela Negara.

Penyemprotan disinfektan pada perlengkapan yang dibawa peserta PKKM di Rindam Jaya
Penyemprotan disinfektan pada perlengkapan yang dibawa peserta PKKM di Rindam Jaya

Kerjasama Unas-Kodam Jaya
PKKM Bela Negara Universitas Nasional ini merupakan realisasi dari kerjasama yang disepakati Unas yang diwakili oleh Rektor Unas, Dr El Amry Bermawi Putera, MA, dan Kodam Jaya, dalam hal ini langsung diwakili oleh Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman SE, MM pada awal September 2020 lalu.

Kerjasama tersebut direalisasikan dalam bentuk pemberian pelatihan kepada mahasiswa baru “Kampus Perjuangan” tentang nasionalisme, kedisiplinan serta wawasan kebangsaan di Resimen Induk Kodam (Rindam) Jaya.

Hadir dalam kesepakatan itu, antara lain Wakil Rektor II Unas Prof. Dr. Drs. Eko Sugiyanto, M.Si; Wakil Rektor III Unas Dr. Drs. Zainul Djumadin, MSi; Rektor Universitas Siber Asia (Unsia) Prof. Jan Youn Cho, PhD, CPA; dan Wakil Rektor Unsia Ir. Abdul Wahab Bangkona, MSc.

Sebelumnya, pada program Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik (PLBA) yang diikuti 2.500 mahasiswa baru dan diadakan secara online pada bulan September 2020, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Jaya/Jayakarta, Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjadi salah satu pemateri.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam Jaya menyampaikan lima pesan kepada mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021 di Universitas Nasional, Jakarta. Dalam pesan yang juga disampaikan secara virtual tersebut, Pangdam Jaya, Mayjen Dudung Abdurachman meminta Unas sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) tertua di Jakarta memberikan contoh tentang nasionalisme sesuai nama perguruan tinggi yang didirikan pada 15 Oktober 1949 tersebut.

“Universitas Nasional harus menjadi contoh bagaimana kerjasama perguruan tinggi dengan TNI dalam memupuk nasionalisme generasi milenial di tengah era globalisasi,” kata Pangdam Jaya.(*)

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you