Pariwisata Webinar FEB Unas: Desa Wisata Akan Jadi Tren Baru...

Webinar FEB Unas: Desa Wisata Akan Jadi Tren Baru Pasca Pandemi

-

Dr Edy Guridno

Sektor pariwisata diprediksi akan mengalami perubahan. Setelah menjadi salah satu sektor yang nyaris lumpuh akibat dampak Covid-19, pariwisata diprediksi akan kembali menggeliat. Akan terjadi tren baru di sektor ini.

Prediksi ini menjadi kajian dalam Webinar Series 3 yang digelar oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional di Jakarta, pada Jumat, (21/08/2020). Webinar ini sendiri mengangkat tema: “Pengembangan Destinasi Pariwisata Pasca Pandemi Covid-19”.

Hadir sebagai salah satu pembicara webinar, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional Dr. Eddy Guridno, S.E., M.Si.M. Dalam paparannya, Dr Eddy Guridno mengaku bahwa semenjak pandemi, kedatangan wisatawan mengalami penurunan secara drastis sehingga berimbas kepada pelaku dan pegiat pariwisata.

Saat ini, Indonesia mulai memasuki era new normal. Masyarakat diharuskan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sektor pariwisata pun telah dibuka untuk umum, namun harus menerapkan standar kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Dengan diterapkannya protokol kesehatan yang ketat, wisatawan tidak bisa berwisata secara berkelompok. Sehingga tempat wisata yang menyediakan konsep ketenangan dan keselamatan menjadi hal yang akan diminati oleh wisatawan.

“Keinginan berwisata saat ini, lebih kepada pengalaman baru. Seperti desa. Nah, desa wisata ini adalah hal yang baru yang sangat berpotensi menjadi tren wisata di tengah pandemi. Karena di situ wisatawan bisa menemukan ketenangan,” ujar Dr Eddy Guridno.

Menurutnya, tren berwisata telah mengalami pergeseran di tengah pandemi Covid-19. Yakni, keinginan untuk lebih mengutamakan keamanan dan kesehatan, perjalanan individu atau keluarga. “Premium tourism, pengalaman baru ketenangan pribadi, dan berorientasi protokol kesehatan pariwisata menjadi keinginan wisatawan saat ini,” katanya.

Oleh karena itu, kata Eddy, kondisi seperti ini perlu dicermati oleh para stakeholder dan pelaku usaha wisata agar wisatawan datang ke Indonesia. “Perilaku wisatawan kembali mengutamakan safety. Jadi, yang paling utama saat ini adalah pergeseran tren yang harus dipahami. Kalau pelaku usaha mau mendapatkan konsumen, maka perilaku tersebut harus kita pahami dan harus disikapi,” katanya.

Dr Eddy Guridno yang juga Direktur Akademi Pariwisata Nasional ini menyebutkan, statement kesehatan sangat penting dalam menarik minat wisatawan ke Indonesia. Hal tersebut, dapat memberikan kepercayaan kepada wisatawan tentang kondisi keselamatan dan kesehatan selama berwisata.

“Statement kesehatan adalah informasi yang sangat vital. Ini adalah hal yang diminati, walaupun kita sudah menerapkannya tapi perlu disebarluaskan. Oleh karena itu, standar kesehatan sangat penting. Bukan hanya itu, tapi juga sisi kesehatan lainnya, seperti sanitasi,” ungkap Dr Eddy.

Rizki Nurul Nugraha

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Program Studi Pariwisata Universitas Nasional, Rizki Nurul Nugraha, S.S.T.Par., M.M.Par. menyatakan bahwa di masa pandemi Covid-19, peluang desa wisata sangat besar untuk dikunjungi wisatawan asing maupun domestik. Namun, menurut Rizki, desa wisata perlu dikembangkan lebih jauh serta dipromosikan dengan baik. Mengingat desa wisata di Indonesia belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Ia juga mengatakan bahwa dalam pelayanan kepada wisatawan, desa wisata bisa memaksimalkan masyarakat lokal. Sehingga dapat meningkatkan pendapat asli daerah. “Di dalam desa wisata dapat memaksimalkan pelayanan lokal dari masyarakat, tapi dengan kondisi seperti ini kita harus survive bagaimana pariwisata dapat meningkatkan pendapatan asli daerah” tuturnya.(*DMS)

Info kuliah, klik https://www.unas.ac.id/

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you