Kesehatan Vivi Silawati, Dosen Fikes Unas Berhasil Raih Doktor di...

Vivi Silawati, Dosen Fikes Unas Berhasil Raih Doktor di Universitas Andalas

-

sidang promosi doktor yang dilaksanakan oleh Universitas Andalas, Padang secara online, Vivi Silawati, S.ST, SKM, MKM
Sidang promosi doktor yang dilaksanakan oleh Universitas Andalas, Padang secara online, Vivi Silawati, S.ST, SKM, MKM

Sidang promosi doktor yang dilaksanakan oleh Universitas Andalas, Padang secara online, untuk Vivi Silawati, S.ST, SKM, MKMMelalui sidang promosi doktor yang dilaksanakan oleh Universitas Andalas, Padang secara online, Vivi Silawati, S.ST, SKM, MKM dinyatakan berhak mendapatkan gelar Doktor dalam bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat di Universitas Andalas.

Vivi Silawati, yang juga dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional, mendapatkan gelar Doktor setelah disertasi yang berjudul “Model Deteksi Coping (SILAWATI) Pada Wanita Hamil Primigravida Di DKI Jakarta ”, diterima dan disahkan melalui sidang terbuka pada Selasa (04/11/2020).

Vivi Silawati lahir di Jakarta, 01 Oktober 1979 mengatakan bahwa penelitiannya bertujuan untuk mengetahui dan mendeteksi secara dini tingkat stres dan coping pada ibu hamil khususnya primigravida (kehamilan pertama).

Menurutnya kesehatan mental dan fisik selama hamil memerlukan perhatian yang sama besarnya guna meningkatkan kualitas kehidupan ibu dan janin selama hamil, persalinan dan masa nifas.

Karena itu, peran proaktif ibu dan keluarga dalam mendeteksi stres dan coping merupakan prinsip dasar dan wajib bagi keluarga dalam menentramkan serta sejahterakan psikis ibu hamil. Ini akan meningkatkan kualitas kesehatan mental ibu.

“Disertasi ini fokus pada upaya deteksi dan prediksi tingkat stres dan coping pada ibu hamil, dalam hal ini ibu hamil, keluarga dan tenaga kesehatan khususnya bidan, dituntut untuk mampu berperan secara lebih maksimal dalam memiliki kapasitas untuk dapat peduli terhadap kesehatan psikologis selama kehamilan, persalinan dan nifas,” kata Vivi.

Upaya yang efektif dalam pencegahan dan menekan angka kejadian stres selama kehamilan adalah dengan mendeteksi coping dan mengetahui sumber coping yang di miliki oleh para wanita hamil. Coping ini sendiri merupakan kemampuan seorang wanita hamil untuk mampu berdapatasi dan mengatasi stres yang mereka alami selama kehamilan sehingga tidak berlanjut pada periode persalinan dan nifas.

“Oleh karenanya, dengan mendeteksi dan melakukan pengukuran secara dini stres dan coping, maka dapat memperbaiki dan mencegah gangguan kesehatan mental yang pada gilirannya mengurangi kejadian morbiditas ibu dan bayi selama kehamilan. Untuk itu diharapkan ibu hamil dan bidan dapat menerapakan model dan aplikasi SILAWATI yang telah dihasilkan melalui disertasi ini,” jelasnya.

Dari hasil penelitiannya, Vivi mengatakan bahwa variabel prediktor yang berperan dalam mendeteksi coping pada wanita hamil di Indonesia terbagi menjadi dua variabel yaitu variabel langsung dan variabel tidak langsung.
Variabel yang berpengaruh langsung adalah keyakinan terhadap agama, kepribadian ibu hamil, pola hidup sehat selama kehamilan, persepsi dan sikap selama kehamilan. Sedangkan variabel tidak langsungnya adalah dukungan sosial dan pemberdayaan diri.

“Kesimpulan penelitian ini adalah model dan aplikasi deteksi coping (SILAWATI) pada ibu hamil primigravida mampu membantu ibu hamil dan bidan dalam meningkatkan kualitas kesehatan mental dan mencegah kejadian morbiditas pada ibu dan bayi yang diakibatkan gangguan psikologis,” ujar Vivi Silawati.

Sidang promosi doktor digelar secara online melalui zoom meeting. Hal ini sesuai arahan pemerintah yang mengharuskan segala aktivitas dilakukan dari rumah guna memutus mata rantai pandemi Covid-19.

Dalam sidang promosi doktor ini, Vivi Silawati diuji oleh penguji Internal dan eksternal, yaitu Ketua Promosi sidang terbuka Prof. Dr. dr. Delmi Sulastri, MS, SpGK., Rektor Universitas Andalas Padang Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H., Dekan Universitas Andalas Padang Dr. dr. Rika Susanti, SpF,M (K)., Ketua Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat Prof . Dr. dr. Delmi Sulastri, MS, SpGK., Promotor. Prof. Dr Afrizal, M.A Co-Promotor I Prof. Dr. rer. Soz, Nursyirwan Effendi., Co-Promotor II Prof. Dr. dr. H. Masrul Sp.GK., Penelaah I Prof. Dr. dr. Rizanda Machmud, M.Kes, FISPH, FISCM., Penelaah II Prof. Dr. dr. Yusrawati, Sp.OG (KFM)., Penelaah III Dr. Adang Bachtiar, MPH, Sc.D., Penelaah IV Dra. Dharmayati B. Utoyo, MA, PhD, Psikolog., Penguji Tamu Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG (K), MPH., Penelaah Akademik Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes., Penelaah Akademik Prof. Dr. Arni Amir, MS., Penelaah Akademik Dr. dr. Defrin Sp.OG (K).., Penelaah Akademik Dr. dr. Yuniar Lestari, M.Kes, FISPH, FISCM., Penelaah Akademik Dr. dr. Dien Gusta Anggraini Nursal, MKM.(*)

Redaksi
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

Belajar Pasar Modal, FEB Unas Hadirkan ‘Value Investing bersama Lo Kheng Hong’ 

Generasi muda Indonesia, seharusnya mulai melek berinvestasi saham. Bagaimanapun juga, saat ini harta karun kekayaan terbesar di dunia terdapat...

Virtual Sales Expo 2022 Inkubator Wirausaha Mandiri Unas Hadirkan 24 Booth

Kegiatan rutin Inkubator Wirausaha Mandiri Universitas Nasional, Virtual Sales Expo 2022 berjalan sukses. Diikuti oleh 24 booth, kegiatan tahun...

Naibonat, Kampung Toleransi di Perbatasan Timor Leste dan Australia (Catatan Pengabdian Masyarakat Dosen Unas)

Namanya Naibonat. Dikenal sebagai Kampung Toleransi. Lokasinya berada di Kelurahan Naibonat, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara...

Featured

Belajar Pasar Modal, FEB Unas Hadirkan ‘Value Investing bersama Lo Kheng Hong’ 

Generasi muda Indonesia, seharusnya mulai melek berinvestasi saham. Bagaimanapun...

Virtual Sales Expo 2022 Inkubator Wirausaha Mandiri Unas Hadirkan 24 Booth

Kegiatan rutin Inkubator Wirausaha Mandiri Universitas Nasional, Virtual Sales...

You might also likeRELATED
Recommended to you