Kesehatan Visiting Lecturer Fikes Unas: Bijak & Tepat Menggunakan Statistik

Visiting Lecturer Fikes Unas: Bijak & Tepat Menggunakan Statistik

-

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional menggelar Visiting Lecturer pada hari Rabu 2 Desember 2020. Kegiatan ini mengangkat tema: “Bijak dan Tepat Menggunakan Statistik Dalam Analisa Data Penelitian”.

Visiting lecture ini merupakan salah satu kegiatan bulanan yang dilaksanakan oleh PPPMK Fikes Unas. Pada kegiatan kali ini, acara dipandu langsung oleh Ketua PPMK Fikes Unas, Putri Azzahroh, SST., M.Kes.

Acara kali ini menghadirkan Suhartini, S.KP., MNS., Ph.D sebagai pembicara. Acara juga juga dihadiri Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Dr. Retno Widowati, M.Si. dan Kaprodi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Ns. Dayan Hisni, S.Kep., MNS serta beberapa dosen dan menggunakan aplikasi zoom.

Dalam sambutannya Dr. Retno Widowati, M.Si. menyampaikan bahwa di dalam melakukan penelitian itu harus tepat dalam penggunaan statistik, supaya hasilnya bagus.

“Di dalam penelitian itu, kita harus tepat dalam penggunaan statistik supaya hasilnya nanti lebih bagus,” kata Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan. Selanjutnya, acara dipandu oleh moderator, Ns. Dayan Hisni, S.Kep., MNS.

Sementara itu, dalam materinya Suhartini, S.KP., MNS., Ph.D menyampaikan bahwa dalam kesempatan ini, dia akan memberikan triger bagi para dosen, agar semua faham dengan ilmu pengetahuan yang masing-masing dosen miliki.

“Saya tidak ingin memberikan sebuah ilmu baru atau mengajarkan tentang sesuatu karena kita sudah faham. Sebetulnya karena hanya perlu mindset kita perlu refresh,” ujarnya.

“Saya hanya ingin men-triger, bagaimana kita faham dengan ilmu pengetahuan kita sendiri. Karena kalau kita nggak faham dengan kondisi kita sebetulnya, kita ini orang yang tahu, tetapi kita tidak tahu apa yang kita tidak tahu. Atau, kita ini sebetulnya tidak tahu, tapi seolah-olah kita tuh tahu apa yang kita tidak tahu. Jadi kita perlu menginstropeksi diri,” tegasnya.

Dalam acara ini, juga dilangsungkan sesi tanya jawab. Kaprodi Keperawatan Ilmu Kesehatan di penghujung acara menyimpulkan bahwa pembimbing harus mengerti dan memahami tentang penelitian.

“Dapat kita tarik kesimpulan bahwa pembimbing itu harus sadar, tahu, mengerti dan memahami tentang penelitian. Karena penelitian itu bukan milik mahasiswa, akan tetapi milik kita karena di situ ada sumbangsih dari pikiran kita dalam menyusun penelitian tersebut,” tutup Dayan.

Acara digelar dengan aplikasi zoom, berlangsung sekitar 3 jam dan ditutup oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional. Usai acara, para peserta yang hadir menyampaikan rasa puas karena mendapatkan pemahaman kembali tentang pentingnya penggunaan statistik secara bijak dan tepat dalam penelitian.(*)

 

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you