Civitas Akademika UPT-IMW Unas Adakan Coaching Clinic Melalui Pekan Kreativitas Mahasiswa...

UPT-IMW Unas Adakan Coaching Clinic Melalui Pekan Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan

-

Kegiatan-Coaching-Clinic-PKM-yang-diselenggarakan-UPT-Inkubator-Wirausaha-Mandiri-UNAS-05-03-2021-1-scaled.jpg
Kegiatan-Coaching-Clinic-PKM-yang-diselenggarakan-UPT-Inkubator-Wirausaha-Mandiri-UNAS-05-03-2021-1-scaled.jpg

Unit Pelaksana Teknis Inkubator Kewirausahaan Mandiri (UPT-IMW) Universitas Nasional menyelenggarakan Coaching Clinic dalam bentuk Pekan Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) kepada mahasiswa. Pekan Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) adalah salah satu program pemerintah yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia melalui seleksi ketat.

Coaching Clinic PKM-K yang diadakan UPT IMW Unas digelar pada hari Jumat (05/03/2021) bertempat di Aula, Universitas Nasional. Kegiatan ini dimoderatori oleh Dosen dan Sekretaris P3M FEB Universitas Nasional, Muhani, S.E., M.Si.M.

Coaching Clinic PKM-K ini merupakan bentuk nyata Universitas Nasional dalam mendukung mahasiswa untuk mengikuti kegiatan yang dapat mengembangkan hard skill maupun soft skill. Karena, UPT Inkubator Kewirausahaan Mandiri (IMW) ini, antara lain memiliki fungsi sebagai wadah bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan diri dalam berwirausaha.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Zainul Djumadin, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan coaching clinic sangat dibutuhkan guna menunjang kreativitas mahasiswa sehingga diharapkan setelah mengikuti coaching clinic mahasiswa bisa lebih percaya diri dan betul-betul siap mengikuti kegiatan PKM-K.

Hal senada disampaikan juga oleh Ketua UPT IMW, Drs. Suadi Sapta Putra, M.Si., M.Si.M., bahwa program PKM-K ini menjadi kesempatan mahasiswa menuangkan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan kewirausahaan yang bisa membuka lapangan kerja.

“Kami sungguh-sungguh berharap dengan program PKM-K ini kalian akan menemukan suatu usaha yang berkelanjutan sehingga diharapkan dengan ilmu yang akan kalian dapat di program studi masing-masing kalian akan berkreasi disitu,” Suadi.

UPT IMW juga berencana untuk mengadakan coaching clinic atau konsultasi setiap minggu bagi para mahasiswa yang sudah mememiliki usaha maupun yang belum namun ingin memiliki usaha. Mahasiswa bisa langsung mengunjungi ruang UPT IMW yang berada di Blok 2 Lantai 3 Universitas Nasional untuk informasi terkait program tersebut.

Mudjiarto, S.E., M.Si., selaku pembicara pertama dalam coaching clinic menyampaikan tiga hal yang harus diperhatikan, yang pertama seleksi administratif, yang kedua harus adanya kreativitas dan inovasi, serta ketiga membuat usaha yang berkelanjutan.

Sebagai tim reviewer LLDikti III tahun 2017-2020 dan tim PWM LLDikti III, Mudjiarto sangat menekankan terkait kreativitas dan inovasi. Kreatif yang dimaksud tidak hanya sebatas produk tetapi juga cara memasarkan produk, penentuan harga, dan melihat peluang. “Yang pertama harus kreatif dan inovasi. Di dalam PKM-K bukan hanya melihat keuntungan, tetapi kreativitas (terlebih dahulu) baru dilihat keuntungan dan kontinuitasnya”, tambahnya.

Dilanjutkan pembicara kedua Drs. Ian Zulfikar, M.Si., sebagai pelaku usaha menyampaikan bahwa PKM-K ini menjadi salah satu peluang untuk berlatih kemampuan manajemen seperti membuat laporan-laporan usaha. Selain itu, menurut Ian kreativitas tetap harus berkolerasi dengan budaya dan sosial serta terus mengikuti perkembangan dengan cara berinovasi agar usaha bisa terus berkelanjutan.

“Kalau melihat ada ungkapan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) maka tidak hanya sampai disitu tapi ada variabel lain yaitu pengalaman yang tidak bisa dibayar,” ungkap Ian. Sehingga diharapkan tim mahasiswa terus mau belajar dan tidak mudah menyerah dalam memulai usaha. (*ARS)

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you