Politik Unas Selenggarakan Seminar Internasional Bahas Politik Islam Dalam Perspektif...

Unas Selenggarakan Seminar Internasional Bahas Politik Islam Dalam Perspektif Hubungan Internasional

-

Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional bersama dengan Pusat Kajian Sosial dan Politik (PKSP) Unas menyelenggarakan seminar internasional politik Islam. Tema yang diangkat adalah “Political Islam In Asia Between Constitution And Implementation”. Beberapa pakar dan pemerhati politin internasional hadir dalam seminar tersebut.

Dosen Prodi Hubungan Internasional FISIP Unas, Dr. Robi Nurhadi sedang memaparkan materinya dalam kegiatan
Dosen Prodi Hubungan Internasional FISIP Unas, Dr. Robi Nurhadi sedang memaparkan materinya dalam kegiatan

Seminar yang diselenggarakan pada hari Rabu (07/04/2021) secara virtual. Para pakar dan pemerhati politik internasional yang membahas isu politik Islam dari perspektif hubungan internasional adalah Profesor Shaikh Ahmed Tamim, President Islamic University of Ukraine, Profesor Dr. Makmor Tumin dari Universiti Malaya, dan dosen Prodi Hubungan Internasional FISIP Unas, Dr. Robi Nurhadi.

Sebagai pembicara pertama, Ilmuwan Politik Fakultas Ekonomi dan Administrasi University of Malaya, Prof. Madya Dr. Makmor Tumin menyampaikan paparannya. Diungkapkan bahwa perkembangan politik terkini di kawasan Asia telah menarik para ilmuan, pemerhati dan mahasiswa hubungan internasional di Indonesia untuk mengembangkan pemikiran tersebut soal politik Islam.

Namun belakangan ini, pemahaman mengenai politik Islam banyak beriorientasi isu terorisme dan kejahatan. Hal ini tentu menimbulkan kekhawatiran dari pakar keamanan internasional. “Jika melihat kaitan antara politik dan Islam saat ini banyak kesalahpahaman yang sangat besar. Gerakan islam secara internasional banyak dipandang sebagai ancaman bagi dunia Barat terutama aksi terorisme. Oleh sebab itu, hal ini mengundang para pakar dengan pemikiran yang efektif untuk mengambil langkah dalam investigasi terhadap isu tersebut khususnya di era disruptif ini,” ujarnya.

Dalam paparannya, Prof. Madya Dr. Makmor Tumin juga menjelaskan berbagai tantangan yang dihadapi dari perkembangan berbagai model gerakan. Ia juga menjelaskan mengenai pencarian identitas dari berbagai gerakan Islam tersebut.

Pada kesempatan berikutnya, President Islamic University, Ukraine, Prof. Sheikh Ahmad Tamim menyampaikan berbagai ulasan tentang bagaimana Islam berkembang di Uzbekistan dan empat negara lainnya di kawasan Asia Tengah. Termasuk, pengaruhnya terhadap gerakan politik Islam di sana.

Disampaikan bahwa gerakan Islam sering dicirikan sebagai anti-modern atau didorong oleh ideologi pra-modern yang mengancam gaya hidup barat. Namun, lanjutnya, gerakan tersebut sebenarnya merupakan respons terhadap kondisi sosial ekonomi dan politik yang diperburuk oleh urbanisasi yang cepat dan kekuatan globalisasi ekonomi di banyak negara muslim, seperti Arab, dan non-Arab, terutama Asia. “Fenomena ini bergantung pada beberapa faktor, misalnya seperti geografi, sejarah, dan ukuran komunitas muslim,” jelasnya.

Para peserta yang mengikuti seminar internasional Prodi Hubungan Internasional
Para peserta yang mengikuti seminar internasional Prodi Hubungan Internasional

Pada kesempatan berikutnya, dosen Prodi Hubungan Internasional FISIP Unas, Dr. Robi Nurhadi melihat adanya dilema yang dihadapi oleh negara-negara di kawasan Asia Tengah, seperti Kazakstan, Kirgistan, Turkmenistan, Tajikistan dan Uzbekistan. Robi melihat kawasan ini memiliki tiga ciri, yaitu jalur sutra yang strategis, sumberdaya alam seperti emas, perak yang melimpah, dan penduduk mayoritas Muslim.

Namun, tambah Robi, kawasan ini juga dihadapkan pada tiga tantangan yaitu pengaruh tiga negara besar dengan tiga ideologi yang berbeda, yaitu Rusia dan Cina dengan komunismenya, Iran dengan Syiahnya, dan Amerika Serikat serta negara-negara Barat dengan liberalismenya. Robi melihat bahwa umumnya negara-negara ini memilih mengakomodasi liberalisme dalam praktek berpolitik dan beragama. Proses akomodasi politik liberal ini telah memancing lahirnya kelompok radikal, ekstrimis bahkan terorisme.

Karena itu, menurut Robi, konstitusi negara-negara kawasan Asia Tengah menjamin kebebasan beragama untuk semua pemeluk agama. Dinamika politik Islam lebih banyak ditentukan oleh siapa yang menjadi sosok presidennya, karena konstitusi memberi kekuasaan eksekutif yang lebih besar (executive heavy) dibanding legislatif yang umumnya menerapkan sistem bikameral.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian (P3M) Sekolah Pascasarjana Unas tersebut menambahkan bahwa politik akomodatif di negara-negara mayoritas Muslim tidak hanya terjadi di Asia Tengah melainkan di berbagai kawasan Asia lainnya, seperti di Turki, Malaysia dan Indonesia.

Seminar Internasional yang diselenggarakan Unas ini juga merupakan wadah berbagi pemikiran tentang Politik Islam di Asia di kalangan cendikiawan, praktisi, birokrat, dan masyarakat sipil. Kegiatan ini diikuti sekitar 100 peserta yang terdiri dari profesor, peneliti, dan mahasiswa, serta turut dihadiri oleh Ketua Prodi Hubungan Internasional Unas, Dr. Irma Indrayani, M.Si. dan jajaran dosen dari FISIP Unas.(NIS)

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you