Civitas Akademika Unas Masuk 20 Besar Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di...

Unas Masuk 20 Besar Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di DKI Jakarta

-

Universitas Nasional masuk ke dalam 20 besar perguruan tinggi swasta terbaik berdasarkan penilaian Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III DKI Jakarta.

Melalui rilis Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan yang dirilis bulan Agustus lalu, berdasarkan basis data klasterisasi perguruan tinggi Unas menduduki posisi 16 dengan skor 1.666 dari daftar 50 kampus terbaik.

Berdasarkan informasi yang dilansir pada website LLDIKTI Wilayah III, jumlah perguruan tinggi swasta di Jakarta ada 316 perguruan tinggi, baik Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi, maupun Politeknik.

Dalam melakukan pemeringkatan, dilakukan penilaian. Ada empat indikator yang digunakan untuk melakukan klaterisasi perguruan tinggai.

Pertama adalah Indikator Input (20 persen), yang meliputi persentasi jumlah dosen S3, jumlah lektor dan guru besar, rasio mahasiswa dan dosen, jumlah mahasiswa asing, dan jumlah dosen yang bekerja sebagai praktisi industri.

Kedua, Indikator Proses (25 persen) yang meliputi penilaian akreditasi universitas dan program studi, kerjasama perguruan tinggi, pembelajaran daring, pelaksanaan Kampus Merdeka, dan kelengkapan laporan.

Ketiga, Indikator Output (25 persen) yang meliputi penilaian jumlah artikel ilmiah, kinerja penelitian dan mahasiswa, serta jumlah program studi bersertifikasi internasional.

Dan terakhir adalah Indikator Outcome (30 persen) meliputi penilaian kinerja inovasi, jumlah lulusan yang memperoleh kerja dalam waktu 6 bulan, jumlah nilai sitasi per dosen, dan kinerja pengabdian pada masyarakat.

Dalam keterangan yang disampaikan kepada media, Kepala LLDikti Wilayah III Provinsi DKI Jakarta Prof Agus Setyo Budi mengatakan klasterisasi ini disusun untuk perbaikan berkelanjutan kinerja masing-masing perguruan tinggi secara holistik.

Diharapkan, perguruan tinggi swasta di lingkungan LLDikti Wilayah III mulai bisa berlari kencang dan siap bersaing di kancah internasional.(*DMS)

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you