Bahasa Prodi Sastra Indonesia FBS Unas Berikan Pelatihan Public Speaking

Prodi Sastra Indonesia FBS Unas Berikan Pelatihan Public Speaking

-

Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Nasional memberikan pelatihan khusus bagi para mahasiswanya. Tujuan pelatihan ini, selain memfasilitasi juga membekali para mahasiswa untuk siap menghadapi dunia kerja.

Kegiatan pelatihan yang diberikan adalah skill presentasi atau keterampilan melakukan presentasi. Kegiatan dilaksanakan Sabtu, (31/01/2021), dengan tema ‘Tantangan dan Kreatifitas dalam Dunia Kerja”. Kegiatan dilakukan secara virtual dengan menghadirkan pembicara dari Business Development Relationship Management PT. Shopee Internasional Indonesia, Hilman Firdaus.

Dalam paparannya, Hilman mengatakan, agar presentasi berjalan dengan baik, maka terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya ialah penguasaan public speaking.

“Kita harus paham dahulu mengenai konsep public speaking seperti apa, lalu belajar teknisnya. Keterampilan public speaking menjadi hal yang penting agar informasi yang disampaikan efektif dan dimengerti oleh audience,” katanya.

Meskipun telah belajar public speaking, Hilman menuturkan bahwa sering kali seorang public speaker mengalami beberapa kendala seperti sikap gugup, attitude yang kurang baik, serta penguasaan materi yang kurang, sehingga berujung pada presentasi yang fatal.

“Hal tersebut dapat diatasi dengan melakukan latihan di depan cermin, latihan fisik untuk mengatur nafas, dan memperlihatkan penampilan fisik terbaik sesuai dengan audience-nya. Kita juga harus menanamkan dalam diri bawa gugup adalah hal yang wajar, bersikap cuek dan tidak mudah terganggu oleh audience, serta jangan takut gagal,” katanya.

Hilman melanjutkan, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan selama presentasi. Diantaranya adalah kontak mata ke audience, variasi suara, ekspresi, serta bahasa tubuh.

“Saat presentasi seseorang harus melakukan kontak mata ke semua audience secara acak, mmeperhatikan volume, intonasi dan artikulasi suara, menggunakan ekspresi yang tepat, serta bahasa tubuh yang tidak kaku dan menyesuaikan dengan tema acara,” tuturnya.

Menurut Hilman, persiapan sebelum presentasi merupakan hal yang harus dilakukan agar presentasi dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran. Misalnya, dengan memilih software presentasi yang digunakan seperti microsoft power point atau google slide, memasukkan isi presentasi dengan format, tone, dan gambar yang menarik, serta menampilkan data pendukung. (NIS)

Redaksi
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

Belajar Pasar Modal, FEB Unas Hadirkan ‘Value Investing bersama Lo Kheng Hong’ 

Generasi muda Indonesia, seharusnya mulai melek berinvestasi saham. Bagaimanapun juga, saat ini harta karun kekayaan terbesar di dunia terdapat...

Virtual Sales Expo 2022 Inkubator Wirausaha Mandiri Unas Hadirkan 24 Booth

Kegiatan rutin Inkubator Wirausaha Mandiri Universitas Nasional, Virtual Sales Expo 2022 berjalan sukses. Diikuti oleh 24 booth, kegiatan tahun...

Naibonat, Kampung Toleransi di Perbatasan Timor Leste dan Australia (Catatan Pengabdian Masyarakat Dosen Unas)

Namanya Naibonat. Dikenal sebagai Kampung Toleransi. Lokasinya berada di Kelurahan Naibonat, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara...

Featured

Belajar Pasar Modal, FEB Unas Hadirkan ‘Value Investing bersama Lo Kheng Hong’ 

Generasi muda Indonesia, seharusnya mulai melek berinvestasi saham. Bagaimanapun...

Virtual Sales Expo 2022 Inkubator Wirausaha Mandiri Unas Hadirkan 24 Booth

Kegiatan rutin Inkubator Wirausaha Mandiri Universitas Nasional, Virtual Sales...

You might also likeRELATED
Recommended to you