Kesehatan Prodi Pendidikan Profesi Bidan Unas Jadi Vaksinator dan Ikut...

Prodi Pendidikan Profesi Bidan Unas Jadi Vaksinator dan Ikut Safari KB Sebagai Pengabdian Masyarakat

-

Kegiatan menarik dilakukan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Bidan, Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Nasional. Dalam rangka melakukan Pengabdian Masyarakat, para mahasiswa melakukan kegiatan dengan ikut berpartisipasi mensukseskan program pemerintah dalam pencegahan Covid-19 sebagai vaksinator vaksin covid-19, serta melakukan safari KB.

Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional dilaksanakan selama tiga hari, Selasa – Kamis tanggal 6 – 8 April 2021.

“Tujuan dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa mampu melakukan pencatatan dan pelaporan; melakukan imunisasi; melakukan monitoring dan evaluasi; serta melakukan surveilans pasca dilakukannya imunisasi (KIPI),” kata Ketua Prodi Pendidikan Profesi Bidan, Sri Dinengsih., SSiT., M.Kes.

Pengabdian masyarakat ini dibagi ke dalam dua kegiatan, yaitu sebagai vaksinator covid-19 dan pelaksana safari KB. “Proses vaksinasi ini dilaksanakan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Bidan angkatan pertama yang bertempat di SMK 26 Jakarta Timur,” tambah Dini.

Keikutsertaan dalam vaksinasi tersebut dilakukan tersebut dalam rangka mendukung program pemerintah dalam pelaksanaan dengan sasaran vaksinasi adalah lansia dan tenaga pendidik/guru yang berada di wilayah kerja Puskesmas Pulogadung, Jakarta Timur.

Sebelum mahasiswa ikut berkontribusi dalam kegiatan ini, semua vaksinator telah mengikuti workshop tentang tatalaksana vaksinasi covid -19 pada tanggal 5 April 2021 yang diselenggarakan oleh Puslatkesda DKI Jakarta agar mahasiswa menjadi tenaga kesehatan yang cakap dalam memberikan pelayanan imunisasi.

Kemudian, pelaksanaan Pengabdian masyarakat dilanjutkan dengan mengikuti Safari KB pada hari Kamis, 8 April 2021 di Penggerakan Pelayanan Keluarga Berencana (PPKB) wilayah Kelurahan Pisangan Timur, Pulogadung, Jakarta Timur.

“Kegiatan ini dalam rangka untuk pengsuksesan program Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP)” ucap Kasi PPKB Suku Dinas PPAPP Kota Administrasi Jakarta Timur, Fatmawati.

Kegiatan safari KB ini dengan sasaran seluruh wanita usia subur yang ada di Wilayah Kelurahan Pisangan Timur, Pulogadung, Jakarta Timur. Adapun kontrasepsi yang tersedia adalah Kb suntik 3 bulan, implant dan IUD.

“Sebelum pemberian KB, akseptor akan diberikan pengarahan terlebih dahulu, apakah beliau cocok dan bersedia diberikan KB suntik 3 bulan atau menggunakan Implant atau IUD” kata Sri Dinengsih.(FMD/Reva)

 

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you