Civitas Akademika PPI Unas Berikan Pembelajaran Bertani Organik Untuk Program Ekopesantren

PPI Unas Berikan Pembelajaran Bertani Organik Untuk Program Ekopesantren

-

Pusat Pengajian Islam (PPI) Universitas Nasional terus melakukan inisiatif produktif di masa pandemi ini. Melalui program pembelajaran praktis, PPI Unas melakukan pembelajaran sekaligus praktik kepada santri di pondok pesantren.

Materi yang diberikan dalam pembelajaran praktis adalah cara bertani organik dengan menggunakan pupuk kandang dan kompos. Pembelajaran dilakukan PPI Unas kepada para santri Pondok Pesantren Darul Afkar.

Ponpes Darul Afkar ini terletak tidak jauh dari Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). Pesantren ini membina para santri yang berasal dari sekitar Taman Nasional Ujung Kulon, yang dikelilingi oleh 13 Desa yang berada di Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang.

Program ini terwujud atas kerjasama dengan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Nasional yang membaktikan dirinya untuk pengembangan pesantren.

Dalam pembelajaran digunakan perangkat yang banyak tersedia, yaitu polybag, cangkul, parang/golok, tangki semprot, paranet, benih bibit pakchoy, benih bibit sawi, benih bibit kangkung, benih bibit bayam merah dan hijau, pestisida nabati, pupuk organik, pupuk kandang, dan dekomposer (EM4).

“Bentuk kegiatan ini berupa pemberian materi di malam hari. Diberikan sekitar 76 menit dan kemudian dilanjutkan praktek siang harinya. Pemberian materi dilaksanakan selama 2-3 pertemuan dalam waktu 1 bulan. Pembelajaran ini banyak praktiknya dibanding teori,” kata Ferlan, mahasiswa Agroindustri Universitas Nasional yang memberikan pembinaan kepada santri tersebut selama sebulan dalam masa Covid 19.

Santri yang terlibat ada sekitar 40 orang putra dan putri. Mereka adalah santri yang tinggal di asrama dan tidak pulang ke kampungnya.

“Santri sangat senang dan mendapatkan pengalaman. Kami akan lanjutkan untuk terus mendidik santri menanam,” kata KH Tohir Mulyadi, pengasuh pondok.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya menggiatkan pesantren dalam memberikan demonstrasi pada pertanian yang sehat dan berkelanjutan dalam Program Ekopesantren.(*)

Redaksi
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

Belajar Pasar Modal, FEB Unas Hadirkan ‘Value Investing bersama Lo Kheng Hong’ 

Generasi muda Indonesia, seharusnya mulai melek berinvestasi saham. Bagaimanapun juga, saat ini harta karun kekayaan terbesar di dunia terdapat...

Virtual Sales Expo 2022 Inkubator Wirausaha Mandiri Unas Hadirkan 24 Booth

Kegiatan rutin Inkubator Wirausaha Mandiri Universitas Nasional, Virtual Sales Expo 2022 berjalan sukses. Diikuti oleh 24 booth, kegiatan tahun...

Naibonat, Kampung Toleransi di Perbatasan Timor Leste dan Australia (Catatan Pengabdian Masyarakat Dosen Unas)

Namanya Naibonat. Dikenal sebagai Kampung Toleransi. Lokasinya berada di Kelurahan Naibonat, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara...

Featured

Belajar Pasar Modal, FEB Unas Hadirkan ‘Value Investing bersama Lo Kheng Hong’ 

Generasi muda Indonesia, seharusnya mulai melek berinvestasi saham. Bagaimanapun...

Virtual Sales Expo 2022 Inkubator Wirausaha Mandiri Unas Hadirkan 24 Booth

Kegiatan rutin Inkubator Wirausaha Mandiri Universitas Nasional, Virtual Sales...

You might also likeRELATED
Recommended to you