Informatika Persiapkan Lulusan Profesional Unggul, FTKI Unas Adakan Yudisium Series

Persiapkan Lulusan Profesional Unggul, FTKI Unas Adakan Yudisium Series

-

Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) Universitas Nasional melangsungkan Yudisium Semester Ganjil 2020/2021. Pada semester ini yudisium dilangsungkan dalam tiga kegiatan sebagai Yudisium Series. Kegiatannya meliputi: pelepasan dan pembekalan lulusan, pelatihan prakerja, dan webinar Holistic Human Development.

Yudisium Series pertama dilaksanakan dengan kegiatan pelepasan dan pembekalan lulusan diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom dan luring yang dilaksanakan di Aula Blok I Lantai IV Unas pada hari Senin (29/03/2021).

Kegiatan dibuka oleh sambutan dari Dekan FTKI Unas, Dr. Septi Andryana, S.Kom., MMSI., Wakil Dekan FTKI, Dr. Fauziah, S.Kom., MMSI., serta Ketua Panitia Yudisium, Albaar Rubhasy, S.Si., MTI.. Hadir dalam kegiatan tersebut para dosen serta para lulusan FTKI semester ganjil 2020/2021.

Pembekalan yudisium disampaikan oleh Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T. Dalam materi pembekalan, Prof. Iskandar Fitri mengangkat tema “Strategi Menjadi Profesional Unggul Bidang TIK pada Era Society 5.0”. Guru besar FTKI Unas, Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T., menyampaikan kepada para lulusan bahwa untuk menghadapi era society 5.0 dibutuhkan mind-set dan mental-set serta perencanaan kedepan agar teknologi yang ada dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Standar kehidupan profesional unggul, sejauh mana resources dalam internet yang kita sebut big data mampu kita konversikan ke dalam kehidupan kita menjadi lebih baik dari waktu ke waktu,” ujar Prof. Iskandar.

Pada yudisium kali ini, FTKI Unas meluluskan 123 sarjana baru yang terdiri dari 61 lulusan program studi (prodi) Informatika dan 62 lulusan prodi Sistem Informasi. Ketua Panitia Bidang Tugas Akhir Semester, Dr. Fauziah, S.Kom., MMSI., menyampaikan bahwa output yang dihasilkan dari tugas akhir pada semester ganjil 2020/2021 melalui jalur publikasi sebanyak 122 dengan sebaran komposisi jurnal terindeks google scholar, terindeks Sinta, dan terindeks scopus sjr serta jalur non publikasi hanya 1. Sebagai bentuk apresiasi kepada para lulusan terbaik, FTKI Unas memberikan penghargaan berupa piagam penghargaan dan voucher.

Lulusan terbaik pada prodi Informatika diraih oleh Dimas Dandy Aryarajendra Suprapto dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,94. Untuk prodi Sistem Informasi diraih oleh Syifa Faradilla Fabrianne dengan IPK 3,92. Selain itu, juga diberikan penghargaan untuk lulusan terbaik FTKI Unas kepada Dimas Dandy Aryarajendra Suprapto dari prodi Informatika dan penerima beasiswa PT. Bank Shinhan Indonesia kepada Budi Julian dari prodi Sistem Informasi.

Penghargaan juga diberikan kepada mahasiswa dan dosen berprestasi, antara lain penghargaan kepada Ketua dan Wakil Ketua HIMTI (Himpunan Teknologi Informatika) dan HIMASI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) periode 2019/2020. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada dosen terbaik di FTKI berdasarkan nilai Indeks Kinerja Dosen (IKD) yang diraih oleh Dr. Fauziah, S.Kom., MMSI dengan rata-rata IKD 3,71 dan berdasarkan score SINTA diraih oleh Dr. Septi Andryana, S.Kom., MMSI dengan skor 1.098.

Rangkaian kegiatan yudisium series pertama ini, ditutup dengan testimoni para alumni FTKI Unas kepada seluruh lulusan semester ganjil 2020/2021 melalui penayangan video, hiburan berupa games online dan doorprize, serta doa bersama yang dipimpin oleh Dosen FTKI Unas, Sigit Wijanarko, S.T., M.Kom., dan diakhiri dengan foto bersama.

Webinar Holistic Human Development

Pada Yudisium Series kedua, FTKI Unas memberikan pelatihan prakerja dan webinar holistic human development yang diselenggarakan secara daring pada hari Rabu (31/03/2021). Tema yang diangkat adalah “Menjadi Pionir Perubahan Secara Holistik untuk Masa Depan yang Lebih Baik”. Tema tersebut juga sejalan dengan visi misi universitas sebagai pionir perubahan.

Founder sekaligus CEO Human Real Source (HRs), Dr. M. Reza Arfiansyah, S.Sos., M.M., CPC., hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini. Dalam paparannya, dia mengatakan bahwa dalam hidup kita harus mengerti dan paham alasan kita mengambil keputusan. Namun sebelumnya kita juga harus bisa mengenali diri secara holistik.

“Paling nikmat di dalam hidup ketika kita sudah mengetahui itu, jadi kita bisa tau dimana kita berpijak. Dan, bahwa manusia memiliki dua dimensi yaitu eksterior dan interior,” ujar Reza. Antara dua dimensi tersebut, dimensi interior jarang dilihat dan dibahas sedangkan dimensi tersebut sangat penting karena memiliki dasar sifat yang benar.

“Kita selalu kecenderungannya negatif, dengan adanya parameter disitulah kita mulai pelan-pelan menghidupkan yang benar. Inilah awal bagaimana cara meningkatkan diri kita sendiri dulu yang kemudian dikaitkan dengan pelopor perubahan, jadi tau apa yang ingin diubah,” lanjut Reza.

Untuk membuat pionir perubahan secara hakiki, Reza menyampaikan untuk kita dapat merubah kondisi yang cenderung negatif menjadi lebih baik yang mana dibutuhkan proses dan secara holistik serta kita harus mengetahui perubahan apa yang ingin kita lakukan.

Kegiatan ini dibuka oleh sambutan Dekan FTKI Unas, Dr. Septi Andryana, S.Kom., MMSI., serta sambutan dan pertanyaan dari Ketua HIMTI periode 2019/2020, Syahbani Farhan, Ketua HIMASI periode 2019/2020, Della Diniyati, dan Lulusan Terbaik FTKI Unas semester ganjil 2020/2021, Dimas Dandy Aryarajendra Suprapto. Serta kegiatan ini dimoderatori oleh Wakil Dekan FTKI Unas, Dr. Fauziah, S.Kom., MMSI.

Untuk meningkatkan semangat dan meninggalkan kesan bagi para lulusan, sebelum mengakhiri rangkaian kegiatan diadakan games dan doorprize serta doa bersama yang dipimpin oleh Dosen FTKI Unas, Sigit Wijanarko, S.T., M.Kom., dengan harapan para lulusan dapat segera berkarya dan apa yang dicita-citakan dapat terwujud. (*ARS)

Redaksi
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

Energi Ramadhan, BAU Unas Ikut Berbagi Nasi Kotak di Kelurahan Pasar Minggu

Universitas Nasional, dalam rangkaian kegiatan Ramadhan, ikut memberikan dukungan pada program yang digelar oleh Pemprov DKI Jakarta, yaitu “Energi...

BPM Unas Lakukan Coaching Clinic Untuk Sinkronisasi Pembelajaran Daring

  Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Nasional (Unas) melakukan coaching clinic implementasi dan sinkronisasi pembelajaran daring melalui Learning Management System...

Inilah Korea Corner di Unas, Tempat Belajar Paling Populer

Bahasa Korea menjadi program studi yang mulai jadi tren di Indonesia. Setidaknya, ada lima perguruan tinggi negeri yang membuka...

Featured

Inilah Korea Corner di Unas, Tempat Belajar Paling Populer

Bahasa Korea menjadi program studi yang mulai jadi tren...

You might also likeRELATED
Recommended to you