Pertanian Pengabdian Masyarakat, Fakultas Pertanian Unas Berikan Penyuluhan Urban Farming

Pengabdian Masyarakat, Fakultas Pertanian Unas Berikan Penyuluhan Urban Farming

-

PKM Fakultas Pertanian Unas 1

Fakultas Pertanian Universitas Nasional, dalam rangka melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), menyelenggarakan kegiatan yang berbeda. Dalam situasi dimana kasus terpapar Covid-19 masih tinggi, PKM dilakukan secara online.

Yang menarik lagi, dalam PKM yang melibatkan para dosen di Fakultas Pertanian Unas ini, digelar penyuluhan yang produktif dan bisa menjadi alternatif bagi masyarakat di tengah pandemi, yaitu Urban Farming.

Urban Farming saat ini juga sedang menjadi tren di masyarakat. Urban Farming atau pertanian perkotaan, bisa menjadi alternatif bagi ketahanan pangan di masa pandemik.
Dengan adanya keterbatasan selama pandemi, menyebabkan semua orang berpikir untuk bisa menyelesaikan masalah utama mereka, terutama dalam pemenuhan kebutuhan pangan. Dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang masih tersisa, berkebun di rumah merupakan solusi metode pertanian kota dengan konsep berkebun di lahan yang terbatas.

Karena alasan inilah, dosen di Fakultas Pertanian Universitas Nasional berinisiatif untuk memberikan penyuluhan terhadap masyarakat mengenai urban farming. Kegiatan yang dilakukan secara online ini dilaksanakan pada pada tanggal 4 Februari 2021.

Menurut ketua pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat, Ir. Yenisbar, M.Si, kegiatan ini merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mendorong masyarakat melakukan urban farming guna meningkatkan pendapatan dan memproduksi bahan pangan.

“Melihat kondisi yang menuntut untuk tidak banyak keluar rumah, Urban Farming bisa menjadi solusi untuk meningkatkan pendapatan atau aktivitas memproduksi bahan pangan untuk dikonsumsi keluarga,” paparnya.

Urban farming adalah bercocok tanam di lingkungan rumah perkotaan. Tren ini juga mulai muncul ketika masyarakat kota ingin menjalani gaya hidup sehat. Hasil panen dari urban farming lebih menyehatkan lantaran sepenuhnya menerapkan sistem penanaman organik.

Urban Farming juga bisa menjadi sarana berbagi informasi dan fasilitas jual beli produk setempat sehingga mendapatkan penghasilan, urban farming mengurangi resiko pestisida kimiawi berlebihan dalam kondisi masyarakat kota untuk menjalani gaya hidup sehat,” tambah Yenisbar.

Anggota PKM yang lain, Ir. Asmah Yani, M.Si juga menjelaskan pentingnya mengkonsumsi sayur-sayuran demi menjaga ketahanan tubuh. “Sektor pertanian sebagai pemasok pangan bagi masyarakat sangat berpengaruh untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Terutama, sayur dan buah. Orang-orang yang kreatif bisa memunculkan gagasan baru yaitu dengan memanfaatkan lahan seadanya untuk bercocok tanam,” jelas Asmah.

Dalam materinya, Asmah juga menambahkan bahwa selain tanaman hias, Urban farming juga dapat dilakukan menggunakan buah hingga sayuran. “Berkebun tidak hanya budidaya tanaman hias tapi yang bermanfaat seperti buah hingga sayuran yang bisa dimakan. Sejumlah sayuran mulai dari pakcoy, sawi, hingga kangkung bisa ditanam sendiri di rumah tanpa perlu memiliki halaman yang luas,” tambahnya.

Pada webinar yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Pertanian Ir. Inkorena G.S. Sukartono, M.Agr juga membuka peluang kewirausahaan produksi salad dari hasil Urban Farming. (TIN)

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you