Kesehatan Mahasiswa Profesi Ners Unas Gelar Webinar Keperawatan Untuk Persyaratan...

Mahasiswa Profesi Ners Unas Gelar Webinar Keperawatan Untuk Persyaratan Sidang Akhir

-

Mahasiswa Profesi Ners Angkatan II, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional menyelenggarakan webinar keperawatan luka. Selain untuk memenuhi persyaratan sidang akhir Profesi Ners, kegiatan ini juga ditujukan untuk meningkatkan konsep pengetahuan manajemen modern wound care dan membangun jiwa nursepreneurship.

Kegiatan diselenggarakan pada Sabtu (30/01/2021) secara online melalui zoom meeting. Peserta terdiri dari mahasiswa Profesi Ners angkatan ke 2 dan 3. Selain itu, hadir juga Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Dr. Retno Widowati, M.Si, Kaprodi Profesi Ners, dan para dosen.

Menurut ketua panitia, Adies Dwi Andini, S.Kep., tema yang diangkat adalah Nursepreneurship Dalam Bidang Wound Care, dengan materi berupa konsep perawatan luka (update konsep efisiensi waktu perawatan luka dan nursepreneurship dalam bidang wound care.

Adapun narasumber yang hadir adalah Ns. Rizki Hidayat, M.Kep., WOC(ET)N dan Ns. Naziyah, M.Kep., CWCCA. Dalam materi yang disampaikan, Ns. Rizki Hidayat, M.Kep., WOC(ET)N mengatakan bahwa prospek praktik mandiri keperawatan sudah semakin terlihat dan kini banyak legalisasi untuk perawat menjadi profesional dan memiliki jenjang karir tidak hanya di RS saja.

Disampaikan juga tentang pentingnya certified wound care, yaitu salah satu dari sekian legalitas yang bisa dimiliki seorang perawat untuk menjadi perawat  yang profesional dan memiliki jenjang karir keperawatan yang lebih tinggi.

Sementara itu, Ns. Naziyah, S.Kep., M.Kep., CWCCA dalam materi yang disampaikan mengatakan bahwa pengkajian mendalam sebelum menetapkan intervensi tindakan keperawatan luka sangatlah penting, terutama patofisiologi dari luka tersebut.

Critical thinking dalam hal mengkaji luka sangatlah diperlukan,” katanya. Sintesa protein pada fase proliferasi juga sangat perlu diperhatikan.

“Karena itu, penting untuk pasien diberikan edukasi nutrisi tinggi kalori tinggi protein. Keutamaan dari moisture balance dalam perawatan luka adalah mempercepat pertumbuhan sel baru,” lanjutnya.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas ilmu Kesehatan Universitas Nasional Dr. Retno Widowati, M.Si mengatakan mengapresiasi acara ini.(*)

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you