Kesehatan Luluskan 29 Wisudawan Profesi Ners, Unas Sukses Lengkapi Program...

Luluskan 29 Wisudawan Profesi Ners, Unas Sukses Lengkapi Program Pendidikan Ilmu Kesehatan

-

Universitas Nasional akhirnya berhasil melengkapi program pendidikan ilmu kesehatan. Melalui Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional, pada pelantikan 555 wisudawan Fikes Unas tahun akademik 2019/2020, 29 wisudawan berasal dari Profesi Ners.

Prosesi wisuda dilaksanakan dalam dua gelombang, Sabtu dan Minggu, 28-29 November 2020, di JCC Senayan, Jakarta. Wisudawan Profesi Ners diwisuda bersama wisudawan dari Program Studi Keperawatan dan Program Studi Kebidanan.

Wisuda dihadiri secara langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc.

Rektor Unas Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Universitas Nasional telah telah membuka prodi baru, yaitu Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Ners pada Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) di tahun akademik 2019/2020. Dan, selama 2 semester para mahasiswa telah berhasil menyelesaikan proses pendidikannya. Sehingga, mulai wisuda tahun ini Universitas Nasional juga melakukan wisuda program profesi.

Dalam keterangannya, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional, Dr. Retno Widowati, MS.i., menyampaikan bahwa Program Studi Pendidikan Profesi Ners di Fakultas Ilmu Kesehatan dimulai pada semester ganjil Tahun Akademik 2019 – 2020.

“Dan Alhamdulillah, selama dua semester para mahasiswa telah menyelesaikan proses pembelajarannya. Dengan demikian mulai wisuda semester ini, Universitas Nasional juga mewisuda lulusan program profesi,” demikian disampaikan Dr. Retno Widowati, MS.i.

Selain Program Studi Pendidikan Profesi Ners, pada semester ganjil Tahun Akademik 2020-2021, Fakultas Ilmu Kesehatan juga membuka Program Studi Pendidikan Profesi Bidan.

“Dengan demikian, sudah lengkap program studi pendidikan profesi di Universitas Nasional dalam bidang pendidikan kesehatan, sesuai dengan perundangan yang berlaku. Kami menyarankan kepada seluruh wisudawan di tingkat sarjana program Studi Keperawatan dan Kebidanan segera melanjutkan ke program studi pendidikan profesi,” kata Dr. Retno Widowati, MS.i.

Pendidikan Profesi Ners

Program Pendidikan Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional mempunyai target untuk unggul dalam bidang Wound Care di tatanan Klinik dan Komunitas. Profesi Ners penting terutama bagi mereka yang telah menyelesaikan studi Program Sarjana Keperawatan. Melalui pendidikan profesi, mahasiswa akan belajar mengenai Asuhan Keperawatan Basic Wound Care.

Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan rangkaian stase Profesi Ners, menjalani praktek dalam tatanan klinik dan komunitas melalui sarana klinik Wocare dan Moist Care.

Program Studi Profesi Ners Fikes Unas memiliki sarana dan prasarana lengkap. Termasuk laboratorium keperawatan yang memiliki 8 standard laboratorium Keperawatan, yang dilengkapi dengan alat-alat medis besar seperti ventilator, inkubator, alat-alat wound yang lengkap dan menyediakan ruangan khusus skill lab bagi mahasiswa yang akan menempuh profesi ners.

Lulusan prodi Profesi Ners juga mendapatkan pelatihan CWCCA (Certified Wound Care Clinican Associated). Karena itulah, lulusan akan mendapatkan Gelar CWCCA yang merupakan gelar di belakang nama yang diberikan kepada setiap perawat yang telah menyelesaikan dan dinyatakan lulus dalam pelatihan modern.

Selain itu, melalui Prodi Profesi Ners ini, diharapkan bisa terserap di pelayanan klinik perawatan luka/wound care, seperti di klinik Wocare Center Bogor, Klinik Rumat di daerah Jabodetabek dan rumah sakit-rumah sakit di Jabodetabek.

Prodi Profesi Ners memiliki bobos SKS sebanyak 36 SKS, dengan mata kuliah yang dipelajari meliputi Keperawatan dasar profesi (KDP), Keperawatan Medical Bedah (KMB), Keperawatan Gawat Darurat & Kritis (KGD), Keperawatan Maternitas, Keperawatan Anak, Keperawatan Jiwa, Manajemen Keperawatan, Keperawatan Gerontik, Keperawatan Komunitas & Keluarga dan Keperawatan Wound Care, Seminar Akhir dan Karya Ilmiah Akhir Ners (KIAN).(*)

Redaksi
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

Farhan Fauzan, Mahasiswa HI Unas Dikukuhkan Sebagai Presidium Nasional FKMHII Korwil II

Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Nasional angkatan 2019, Farhan Fauzan dikukuhkan sebagai Presidium Nasional Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia...

Unas Gelar Festival Film Pelajar dan Mahasiswa 2022, SMAN 68 Jakarta dan Universitas Trisakti Raih Karya Film Terbaik

Ratusan Pelajar dan Mahasiswa dari sejumlah provinsi di Indonesia mengikuti perhelatan Festival Film Pelajar dan Mahasiswa 2022 yang digelar...

Dies Natalis ke-73, Unas Gelar Festival Ilmiah

Universitas Nasional menggelar Festival Ilmiah dalam rangka merayakan Dies Natalis ke-73. Kegiatan akan diselenggarakan pada tanggal 5 sampai 12...

Featured

Angkat Tema Peradaban dan Budaya, Wisuda Unas Hadirkan Ganjar Pranowo Untuk Berikan Pembekalan

  U niversitas Nasional (UNAS) menggelar prosesi wisuda bagi lulusan program...

UNAS dan St. Petersburg State University Rusia Tandatangani MoU Kemahiran Bahasa Asing

Difasilitasi oleh Kantor Kerjasama Internasional (KKI), Fakultas Bahasa dan...

You might also likeRELATED
Recommended to you