Civitas Akademika Inilah Studio Blended Learning Unas, Tempat Pendidikan Masa Depan...

Inilah Studio Blended Learning Unas, Tempat Pendidikan Masa Depan Dijalankan

-

Lokasinya ada di blok Akademi Pariwisata Nasional, di lingkungan kampus Universitas Nasional, Jl Sawo Manila, Pejaten, Jakarta Selatan. Ruangannya nyaman, operatornya bersahaja. Perlengkapannya: canggih!

blended learning Unas
blended learning Unas

Inilah studio Blanded Learning Unas. Berdasarkan Undang-undang No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Permenristekdikti Nomor 51 Tahun 2018 tentang Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ), dan SK Rektor Universitas Nasional No 65 Tahun 2019 tentang Pembelajaran Blended Learning, Unas telah menerapkan Blended Learning mulai semester ganjil 2019/2020.

Selain itu, Blended Learning dilaksanakan untuk mengikuti perkembangan zaman dan tuntutan dunia global, terutama untuk menghasilkan kompetensi lulusan era revolusi industri 4.0 menuju super smart society 5.0.

Unas, selalu memperhatikan fasilitas belajar mengajar yang terbaik. Karenanya, begitu situasi pandemik berlangsung, Blanded Learning pun tidak membuat Unas menurunkan kualitas Kuliah dan Belajar secara Mandiri. Kemajuan teknologi ternyata mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam memburu ilmu.

Studio Blanded Learning Unas ini, saat ini terus akan dikembangkan dan dibangun lebih besar lagi. Karena saat ini, e-Learning sudah menjadi kebutuhan.

Melalui studio Blended Learning ini, Unas memberikan dukungan bagi para dosen untuk menunjang dalam menyampaikan materi dengan nyaman seperti pada pertemuan langsung di depan kelas. Para dosen tinggal memberikan materinya kepada Operator studio, selanjutnya online-start, dan mulailah dosen memberikan materi kuliah dengan tampilan layar yang menarik.

Blended learning adalah kemudahan pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran. Melalui Blended Learning, berbagai pilihan tersedia. Ada media dialog antara fasilitator dengan orang yang mendapat pengajaran, juga kombinasi pengajaran langsung (face-to-face) dan pengajaran online.

Di Unas untuk aktifitas ini bisa diakses melalui https://webkuliah.unas.ac.id.

blended learning unas
studio blended learning Unas

Pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) juga dapat dilakukan secara online. Sementara untuk Ujian Akhir Semester, dilakukan secara onsite.

Pada kelas karyawan dan kelas reguler di pertemuan minggu ke-8 untuk UTS dan minggu ke 16 untuk UAS; digunakan metode UTS sebagai assesment menerapkan e-paper dan vlog presentation.

Selain itu, Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah yang berisikan jadwal sesi online dan onsite, serta materi pembelajaran yang terdiri dari video rekam dan ppt minimal 2 sesi, video dengan kanvas bila ada, web conference, tugas-tugas, soal UTS dan UAS, semua bisa diakses secara online.

Untuk Kehadiran mahasiswa dalam pertemuan secara online dihitung berdasarkan jumlah interaksi mahasiswa dengan dosen. Artinya, kehadiran mahasiswa satu sesi secara on line dilakukan dalam 1 minggu dengan minimal 9 kali interaksi antara dosen dan mahasiswa dalam forum yang dibuat dosen.

Interaksi ini meliputi tanggapan atas penjelasan dosen terkait materi kuliah, menjawab pertanyaan yang diberikan dosen, menanggapi komentar dosen sesuai dengan instructional design of learning yang diberikan oleh dosen.(Faiz)

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you