Civitas Akademika Dihadiri Plt. Sekjen Kemendikbud-BRIN, Unas Resmikan Cyber Library

Dihadiri Plt. Sekjen Kemendikbud-BRIN, Unas Resmikan Cyber Library

-

 

Universitas Nasional secara resmi meluncurkan cyber library. Peresmian dilakukan secara simbolis dengan penandatanganan prasasti oleh Rektor Universitas Nasional Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. dan Ketua Pengurus Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan Dr. Ramlan Siregar, M.Si.

Cyber library Universitas Nasional ini merupakan bentuk perpustakaan yang lebih banyak memanfaatkan sumber-sumber pustaka elektronik dengan akses terbuka, berupa e-books, e-journals, e-theses, subject gateways, software, conference proceeding, serta pembelajaran bentuk video dan terhubung dengan ratusan laman perpustakaan pilihan di seluruh dunia.

Cyber library Universitas Nasional sendiri dibangun di atas lahan dengan luas bangunan lebih kurang 1.400 m2 yang terletak di Kampus Universitas Nasional, Pejaten, Jakarta Selatan. Cyber library berada di lantai dasar dengan beberapa fasilitas seperti komputer yang dapat diakses oleh mahasiswa sebanyak kurang lebih 40 komputer, ruang video conference dengan kapasitas 70 orang, ruang mini studio dengan kapasitas 30 orang, 7 ruang kelas yang dapat digunakan sebagai ruang belajar mengajar ataupun mini seminar dan ruang kantor yang menunjang fungsi library itu sendiri.

Dibangun dan diresmikannya Cyber Library Unas ini merupakan bagian dari upaya menciptakan lingkungan pembelajaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi multimedia terkini.

“Kita patut bersyukur pada hari ini karena kita telah menyelesaikan pembangunan cyber library dan meresmikannya pada hari ini. Sehingga dengan begitu segala kebutuhan literatur dan bahan bacaan dosen dan mahasiswa dapat tersedia dan diakses kapanpun dan dimanapun mereka berada,” demikian disampaikan Rektor UNAS Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. pada launching system digital library di Gedung Cyber Library UNAS Jakarta, pada Kamis (10/06/2021).

Peresmian cyber library ini mendapatkan sambutan baik dari Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Prof. Ainun Na’im, M.B.A., Ph.D. Ainun. Dalam sambutannya, Prof. Ainun Na’im menyampaikan dengan diresmikannya cyber library ini diharapkan dapat meningkatkan layanan yang diberikan oleh Universitas Nasional kepada masyarakat.

“Saya sampaikan selamat kepada yayasan dan UNAS atas peresmian cyber library dan juga capaian-capaian kinerja UNAS lainnya kita harapkan cyber library ini dapat meningkatkan layanan yang diberikan oleh Universitas Nasional kepada masyarakat. Juga dengan demikian melalui cyber library ini, civitas akademika juga akan mempunyai akses ke sumber-sumber pembelajaran yang sangat besar dan tentunya ini akan sangat bermanfaat,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pengurus Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK) Dr. Ramlan Siregar, M.Si. mengatakan bahwa fasilitas sistem digital library dapat digunakan oleh unit pendidikan lain. Sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di bawah naungan YMIK.

“Saya menganjurkan agar sistem cyber library ini juga dimanfaatkan oleh sejumlah unit pendidikan kita dan perlu diajarkan kepada unit-unit yang lain sehingga sistem ini dapat memberi nilai tambah dan dapat meningkatkan mutu pendidikan kita dibawah naungan YMIK termasuk SMA, SMK, dan SMP,” ujar Ramlan.

Selain cyber library, Universitas Nasional juga membangun auditorium yang berada tepat di atas gedung cyber library yang  berkapasitas 1.500 orang dan dilengkapi tribun di lantai tiga dengan kapasitas 500 orang. Auditorium ini nantinya akan diproyeksikan untuk wisuda periode I tahun ajaran 2020/2021. (*DMS)

 

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you