Civitas Akademika Dies Natalis ke-73, Unas Gelar Festival Ilmiah

Dies Natalis ke-73, Unas Gelar Festival Ilmiah

-

Universitas Nasional menggelar Festival Ilmiah dalam rangka merayakan Dies Natalis ke-73. Kegiatan akan diselenggarakan pada tanggal 5 sampai 12 Desember 2022.

Selain dalam rangka Dies Natalis Unas yang ke-73 tahun, Festival Ilmiah ini juga sebagai komitmen Unas dalam menciptakan generasi muda Indonesia yang berwawasan luas, berintegritas, kreatif dan inovatif, kompetitif dan berprestasi.

Gelaran ini diinisiasi Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (Biromawa) Unas, dan merupakan kompetisi ilmiah tingkat nasional yang diberi nama Universitas Nasional Festival (UNAS-FEST) 2022.

Untuk menciptakan konsep kompetisi yang menarik dan  ilmiah, terdapat tiga cabang lomba yang diselenggarakan. Ketiganya yaitu: English Debate Competition (EDC), Kompetisi Debat Bahasa Indonesia (KDBI), dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI).

Dalam pelaksanaannya, kompetisi ini melibatkan mahasiswa dan mahasiswi berprestasi Unas yang dipilih secara khusus oleh Kepala Biromawa Unas Kamaruddin Salim, S.Sos., M.Si.

Sebelumnya, di tahun 2021, Unas juga menyelenggarakan kompetisi ilmiah tingkat universitas dengan 3 (tiga) cabang lomba yaitu debat berbahasa Inggris, debat berbahasa Indonesia, dan karya tulis ilmiah. Tujuannya untuk mencari mahasiswa-mahasiswi yang menjadi delegasi Unas di ajang kompetisi DIKTI yaitu NUDC, KDMI, dan PILMAPRES.

Mengingat besarnya animo peserta yang berpartisipasi, serta kesuksesan kompetisi sebelumnya. Maka tahun ini kembali diadakan kompetisi serupa tingkat nasional.

UNAS FEST kali ini mengusung tema besar “Ketahanan Pangan Indonesia Dalam Menghadapi Krisis Pangan Global.” Tema ini secara khusus disusun oleh para mahasiswa Unas yang pernah menjuarai kompetisi serupa, antara lain; Nabila Shafa Sabrina (Prodi Hubungan Internasional), Adinda Nabila Rahmah (Prodi Ilmu Komunikasi), Diva Delinda Cahyani (Prodi Sosiologi), dan Shofia Dwi Nur Maulida (Prodi Sosiologi).

Tema tersebut dipilih agar generasi milenial Indonesia mampu membawa perubahan besar yang positif bagi kemajuan negara dan bangsa dan memiliki peran aktif dalam penanganan isu pangan yang tengah terjadi saat ini.

Melalui publikasi ini, Unas juga mengundang mahasiswa-mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk dapat berpartisipasi dalam mengikuti kompetisi ini. Pendaftaran cabang lomba EDC dan KDBI masih dibuka hingga tanggal 30 November 2022, sedangkan untuk cabang lomba LKTI sudah ditutup pendaftarannya.

Sejauh ini sudah terdapat beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ), Universitas Mercu Buana, Universitas Mataram, dan masih banyak perguruan tinggi lainnya. (DMS)

 

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you