Civitas Akademika BPM Unas Lakukan Coaching Clinic Untuk Sinkronisasi Pembelajaran Daring

BPM Unas Lakukan Coaching Clinic Untuk Sinkronisasi Pembelajaran Daring

-

 

Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Nasional (Unas) melakukan coaching clinic implementasi dan sinkronisasi pembelajaran daring melalui Learning Management System (LMS) Unas dengan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Indonesia. Kegiatan ini dilakukan dalam upaya menyelaraskan LMS Unas maupun proses pembelajaran daring lainnya yang sesuai dengan kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti).

Kegiatan dilaksanakan pada Selasa (20/04). Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unas, Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. dalam pidatonya mengatakan bahwa coaching clinic ini momentum yang baik untuk sharing dalam rangka mewujudkan klasterisasi Unas, khususnya dalam pembelajaran daring. “Ini juga sesuai dengan kebijakan pemerintah yang mengharuskan perguruan tinggi untuk melakukan perkuliahan secara daring,” jelasnya dalam sambutan di kegiatan yang diselenggarakan di Aula Blok I Lantai IV Unas.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unas itu menambahkan, dengan menyempurnakan pembelajaran daring sesuai apa yang ditetapkan Dikti, diharapkan kegiatan perkuliahan di Unas dapat berjalan baik lancar. Ia juga berharap, peningkatan kualitas pembelajaran daring dapat menduduki Unas dalam klasterisasi dan ranking yang tinggi.

Dalam paparannya, Kepala BPM Unas, Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si. mengatakan, sinkronisasi ini juga bertujuan untuk mewujudkan pembelajaran daring yang efektif diantara mahasiswa dan dosen. “Di sini kami menjelaskan apa yang sudah dilakukan oleh Unas selama pembelajaran daring, kemudian mencoba untuk mensinkronkan dengan SPADA Indonesia, sehingga apa yang dilakukan sudah sesuai dengan kebijakan dan arahan dari Dikti,” jelas Erna.

Ia melanjutkan, sejak tahun 2015, Unas pun sudah menerapkan pembelajaran daring tersebut. Saat ini, Unas tengah fokus dalam pengembangan e-learning pada tiga hal yakni konten, interaksi, dan pendistribusian sistem.

“Pembelajaran daring di Unas yang sudah diimplementasikan yakni adanya kelas onsite dan online per-mata kuliah, video conference, Ujian Tengah Semester online pada minggu ke 8 baik e-paper atau vlog presentasi, evaluasi akhir semester onsite di minggu ke 16, pemberian tugas I dan II maupun mandiri dan kelompok yang diberikan secara online maupun onsite, dan aktivitas 1 minggu online untuk kelas reguler atau karyawan,” tuturnya.

Erna berharap, kegiatan ini dapat memberikan masukan dari Dikti terkait proses pembelajaran daring, sehingga dapat terciptanya pembelajaran yang efektif. “Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menjadi acuan bagi kita dan memastikan bahwa pembelajaran di Unas dapat berlangsung secara efektif seusai dengan kebijakan dari Dikti,” tutupnya.

Hadir sebagai narasumber, Sub Koordinator Pembelajaran Khusus Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dikti, Yulita Priyoningsih mengatakan, saat ini perguruan tinggi tengah digencarkan dengan metode pembelajaran daring. Oleh sebab itu, perlu adanya penyelarasan teknis pembelajaran daring antar perguruan tinggi agar terciptanya pembelajaran yang baik dan lancar.

Ia mengatakan, hal itu berdasarkan Keputusan Bersama 4 Menteri Nomor 01/KB/2020 tanggal 15 Juni 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Yulita melanjutkan, terdapat beberapa indikator penjaminan mutu dalam pembelajaran daring yakni dukungan institusi, kegiatan pembelajaran, proses pengembangan mata kuliah, dukungan untuk dosen dan mahasiswa, serta penilaian dan evaluasi.

“Sementara itu penjaminan mutu implementasi pembelajaran daring juga terdiri dari materi ajar yang berkualitas, kualitas tugas yang diberikan kepada peserta didik yang relevan dan kontekstual, kualitas bahan diskusi dapat memicu kreativitas dan aktivitas peserta didik, serta kualitas tes yang revelan dan sesuai dengan prinsip test obyektif,” katanya.

Dilakukan secara onsite, kegiatan ini juga diisi dengan penyampaian materi mengenai pembelajaran daring dari tim SPADA yakni Anggoro Suryo Pramudyo dan Agus Sumantri. Turut hadir dalam kegiatan ini para kepala dan staff dari BAA, BPSI, SPA Online, dan BPM. (NIS)

Redaksi
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

Energi Ramadhan, BAU Unas Ikut Berbagi Nasi Kotak di Kelurahan Pasar Minggu

Universitas Nasional, dalam rangkaian kegiatan Ramadhan, ikut memberikan dukungan pada program yang digelar oleh Pemprov DKI Jakarta, yaitu “Energi...

BPM Unas Lakukan Coaching Clinic Untuk Sinkronisasi Pembelajaran Daring

  Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Nasional (Unas) melakukan coaching clinic implementasi dan sinkronisasi pembelajaran daring melalui Learning Management System...

Inilah Korea Corner di Unas, Tempat Belajar Paling Populer

Bahasa Korea menjadi program studi yang mulai jadi tren di Indonesia. Setidaknya, ada lima perguruan tinggi negeri yang membuka...

Featured

Inilah Korea Corner di Unas, Tempat Belajar Paling Populer

Bahasa Korea menjadi program studi yang mulai jadi tren...

You might also likeRELATED
Recommended to you