Civitas Akademika Bermitra Dengan Faith Plans, PPI Unas Siapkan Ekopesantren

Bermitra Dengan Faith Plans, PPI Unas Siapkan Ekopesantren

-

Pusat Pengajian Islam Universitas Nasional menjadi salah satu organisasi dari Indonesia yang bermitra dalam Faith Plans. Faith Plans adalah organisasi yang merupakan koalisi dari 27 organisasi keagamaan di sejumlah negara, seperti China, Etiopia, Indonesia, hingga Amerika Serikat yang mengelola aset miliaran dolar dalam bentuk bangunan, tanah, keuangan, dan sumber daya manusia yang berpotensi untuk mendorong perubahan nyata.

Koalisi baru ini diumumkan hanya beberapa minggu sebelum pelaksanaan konferensi perubahan iklim dunia (COP26) yang akan berlangsung di Glasgow Inggris, pada 31 Oktober- 12 November 2021 dan mengisyaratkan niat mereka untuk menempatkan aset-aset substansial ini untuk melayani manusia dan planet. organisasi berbasis agama dan keyakinan, mengumumkan rencana dan langkah nyata mereka selama sepuluh tahun ke depan untuk mengatasi krisis iklim dan merawat kehidupan di planet bumi untuk menciptakan planet bumi sebagai rumah kehidupan yang lebih baik bagi seluruh umat manusia dan makhluk hidup.

Melalui platform Faith Plans, koalisi organisasi berbasis agama dan keyakinan terbesar di dunia ini akan membangun aksi lingkungan berbasis keimanan dan keyakinan selama sepuluh tahun ke depan. Mereka secara terbuka menyatakan komitmen untuk menggunakan aset, investasi serta pengaruh yang dimiliki untuk melakukan upaya-upaya pengurangan emisi gas rumah rakaca untuk mengatasi dampak perubahan iklim serta menciptakan dunia yang lebih baik bagi seluruh pemeluk agama dan makhluk hidup di planet bumi.

Martin Palmer, CEO FaithInvest mengatakan, para penganut keyakinan dan agama merupakan pemangku utama di planet bumi. Secara global lembaga dan organisasi keagamaan mengelola hampir dua pertiga dalam sistem pendidikan, menyediakan layanan kesehatan, pengelolaan tanah dan tempat tinggal, termasuk pengelolaan hutan komersil
“Komunitas agama telah memainkan peran penting dalam memberikan inspirasi bagi perubahan baik di dalam maupun di luar komunitas mereka dan membantu memastikan mengenai masa depan yang lebih baik bagi semua. Dan sekarang komunitas-komunitas itu, yang mewakili semua tradisi agama utama dunia, berkomitmen untuk meningkatkan upaya mereka dan mengambil langkah-langkah lingkungan yang praktis namun berani untuk perubahan,” katanya.

Pusat Pengajian Islam (PPI) Universitas Nasional menjadi salah satu organisasi di Indonesia yang bermitra dalam Faith Plans. Organisasi ini juga bekerja sama dengan jaringan organisasi agama lain seperti World Evangelical Alliance, Religions for Peace, Ethiopian Gospel Believers, Church Council, dan menjangkau pula jutaan penganut Budha dan Taoisme di China, dan kelompok sekuler berbasis agama seperti Interfaith Rainforest Initiative; dan lembaga PBB untuk lingkungan (UNEP) melalui program Faith for Earth dan Learning from Nature. Faith Plans juga berencana untuk bekerja sama dengan Gerakan Laudato Si yakni gerakan gereka Katolik yang menyerukan aksi untuk merawat bumi

Fachruddin Mangunjaya, Ketua Pusat Pengajian Islam mengatakan, krisis iklim yang terjadi saat ini merupakan tantangan terbesar yang dihadapi umat manusia, termasuk komunitas-komunitas berbasis agama, dan tidak terkecuali umat Islam yang hidup di Indonesia.

“Indonesia merupakan salah satu negara muslim terbesar di dunia yang rentan terhadap dampak perubahan iklim. Faith plans merupakan sebuah platform yang sangat strategis untuk mendorong langkah nyata dalam mengatasi tantangan global ini.” jelas Fachruddin.

Dia menambahkan, dalam tiga tahun ke depan, PPI-UNAS akan mengembangkan program Ekopesantren yaitu program yang mensinergikan antara ajaran Islam dan ilmu pengetahuan mengenai pengelolaan alam lingkungan di komunitas pesantren. Pilot program ini akan dilaksanakan di 50 pesantren yang tersebar di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, Riau, dan Jambi.

Rincian lengkap dari masing-masing Rencana Iman akan diumumkan pada saat pertemuan Stockholm+50 pada Juni 2022. Mereka kemudian akan dilaksanakan selama tujuh sampai 10 tahun berikutnya, tergantung pada rentang waktu masing-masing agama.

Faith Plans terinspirasi oleh Inisiatif Komitmen Iman 2009, yang menghasilkan 63 rencana jangka panjang dan secara mendalam membentuk respons agama terhadap lingkungan selama dekade berikutnya, Faith Plans for People and Planet sudah menjadi inisiatif lingkungan terbesar yang pernah diluncurkan oleh agama-agama dunia.

Namun tetap ada peluang untuk tumbuh lebih besar lagi. Jadi selain mengumumkan niatnya, kemitraan Faith Plans hari ini menyerukan lebih banyak kelompok agama untuk terlibat dan bergabung dengan gerakan tersebut.

“Sebagai kelompok yang mengelola lahan yang luas dan banyak bangunan dan menjalankan sebagian besar sekolah, klinik, dan rumah sakit di dunia, pengaruh potensial dari kelompok agama dunia sangat besar,” kata Martin Palmer.

“Koaliasi ini akan menjadi kesempatan bagai kita semua untuk untuk menghayati nilai-nilai agama dan kepercayaan serta kebijaksanaan yang telah dibangun dan dijalankan selama berabad-abad, kini waktunya bagi kita untuk menjawab dan melakukan upaya yang nyata dalam menghadapi tantangan terbesar yang pernah dihadapi umat manusia. Kita melakukannya sebagai pemangku kepentingan yang paling besar dan signifikan dan untuk melakukannya sebagai beberapa pemangku kepentingan paling signifikan di planet ini.”(*)

 

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you