Politik Bekerjasama Dengan Pemda, FISIP Unas Laksanakan Penelitian Pengabdian Masyarakat...

Bekerjasama Dengan Pemda, FISIP Unas Laksanakan Penelitian Pengabdian Masyarakat di Labuan Bajo

-

Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Nasional Jakarta melaksanakan kegiatan penelitian pengabdian masyarakat dengan melibatkan mahasiswanya. Kegiatan ini dilaksanakan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, mulai Kamis (10/03/2022).

Dalam keterangannya, Dekan Fisip UNAS Erna Ermawati Chotim mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan di Kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo. Dari hasil kajian yang ada, diketahui adanya masalah di bidang pariwisata, yaitu persoalan sampah.

“Karena itu kita hadir untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, agar semakin wearness terhadap kondisi kebersihan,” ujar Erna kepada media VoxNtt.com.

Kegiatan lain yang dilakukan Fisip UNAS kata dia, yaitu berkolaborasi di bidang penelitian dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Manggarai Barat.

Menurutnya, untuk memperkuat kolaborasi dan sinergitas dengan Pemda Mabar, per 9 Maret pihaknya sudah melakukan penandatanganan kerja sama dengan Pemda Manggarai Barat melalui MoU dan MoA.

Erna mengatakan, Fisip UNAS sendiri telah melakukan diskusi dengan pihak Pemda bersama BUMD, terkait bagaimana pengelolaan pariwisata di Labuan Bajo dan kaitannya dengan kebijakan publik di level lokal.

“Kita berharap kegiatan penelitian ini akan berlangsung secara berkelanjutan, seperti program magang para mahasiswa dengan dinas di Manggarai Barat,” katanya.

Dia berharap, mahasiswa bisa memberikan kontribusi bagi Pemda Mabar, baik pemikiran juga hal lain di bidang kerja nyata.

Kegiatan kolaborasi tersebut, Erna mengaku tak sendirian. Pihaknya juga saat ini sedang bermitra dengan Kedeputian Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Karena itu kata dia, perwakilan dari Asisten Deputi SDM Parekraf pada Kedeputian Bidang Pariwisata dan ekonomi kreatif, Kemenko Marves Agnes Wirdayanti didampingi Flora Sumiati Sitorus menyatakan dukungan atas kolaborasi tersebut.

“Kami dari Deputi Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves tentu mendukung penuh kehadiran Unas saat ini,” ucap Agnes.

Selain dukungan atas aksi hari itu, Agnes juga mendukung penguatan pelatihan parekraf dan kolaborasi riset parekraf di kawasan DPSP Labuan Bajo.

Menurutnya, kolaborasi tersebut merupakan kolaborasi yang hebat karena keterlibatan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pihak universitas.

“Tentu ini merupakan kegiatan baik untuk mensupport terhadap kawasan DPSP Labuan Bajo,” katanya.

Salah satu mahasiswa Fisip UNAS Ahmad Said Saputra mengaku senang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. “Saya sendiri melihat masalah sampah di Labuan Bajo masih tinggi. Karena itu kami juga ikut memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya sampah di Labuan Bajo. Saya juga senang bisa turut ambil bagian dalam menjaga Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas,” ujarnya. (*)

 

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you