Kesehatan Badan Penjaminan Mutu Unas Lakukan Audit Tiga Prodi di...

Badan Penjaminan Mutu Unas Lakukan Audit Tiga Prodi di Fikes

-

Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Nasional, melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) pada tiga Prodi di Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes). Kegiatan ini penting karena berkaitan dengan persyaratan sistem manajemen mutu dan peraturan yang berlaku.

Kegiatan Audit Mutu Internal dilaksanakan Selasa-Kamis (15-17 Desember 2020) secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom. Audit dimulai dengan penyampaian sambutan oleh Kepala BPM Unas, Dr. Erna Ernawati Chotim, M.Si.

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan bahwa tujuan kegiatan adalah mengetahui kesesuaian atau ketidaksesuaian terhadap persyaratan sistem manajemen mutu dan peraturan yang berlaku, mengevaluasi kapabilitas dari sistem manajemen mutu, megevaluasi efektivitas penerapan sistem manajemen mutu, mengidentifikasi peluang perbaikan sistem manajemen mutu.

Hadir dalam kesempatan tersebut Dekan Fikes Unas, Dr. Retno Widowati., M.Si Pelaksanaan AMI dilaksanakan di tiga prodi, yaitu Prodi Kebidanan Program Sarjana Terapan, Prodi Pendidikan Profesi Bidan dan Prodi Sarjana Keperawatan.

Dengan kegiatan ini, maka Fakultas Ilmu Kesehatan dinyatakan sudah lengkap mendapatkan audit internal Unas. Prodi Pendidikan Profesi Ners sendiri sudah diaudit beberapa bulan sebelumnya.

Sebelum audit lapangan dilakukan, sebelumnya sudah terlebih dahulu dilakukan Audit Plan yang dilakukan oleh BPM. Kemudian, dilanjutkan dengan Persiapan Audit dan Rapat Audit dengan Tim Auditor di bawah Badan Penjaminan Mutu.

Dalam audit, kegiatan selanjutnya adalah Pengisian Self Evaluasi oleh Program studi sebagai Auditee, lalu dilakukan Audit Dokumen oleh Tim Auditor. Setelah itu, dilanjutkan dengan Audit Lapangan.

Pelaksanaan Audit Lapangan AMI pada Prodi Kebidanan Program Sarjana Terapan dilaksanakan tanggal 15 Desember 2020, yang diketuai oleh Muhani, SE, M. Si.M sebagai lead Auditor, Rahmat Kurniady sebagai Anggota Auditor. Sementara peserta audit adalah Ka Prodi Kebidanan, Sek Prodi Kebidanan, didampingi oleh Kepala UPM, Dekan, Wakil Dekan serta bagian lain yang terkait yang ada di Fakultas Ilmu Kesehatan.

Pelaksanaan Audit Lapangan AMI pada Prodi Pendidikan Profesi Bidan dilaksanakan tanggal 16 Desember 2020. Kegiatan ini diketuai oleh Ir. Endah Tri Esti Handayani, MMSi sebagai Lead auditor, Risza Choirunnisa S.SiT, M.Kes sebagai anggota Auditor dengan peserta Audit Ka Prodi Profesi Bidan, Sek Prodi Profesi Bidan, didampingi oleh Kepala UPM, Dekan, Wakil Dekan serta bagian lain yang terkait yang ada di Fakultas Ilmu Kesehatan.

Sementara, pelaksanaan Audit Lapangan AMI Prodi Sarjana Keperawatan dilaksanakan tanggal 17 Desember 2020. Audit diketuai oleh Dr. Zumratul Meini, S.E, M.S.E., M.S.AK sebagai Lead Auditor, Ni LarasatiK, M.Si sebagai anggota Auditor dengan peserta Audit Kepala Prodi Keperawatan, Sek Prodi Keperawatan, didampingi oleh Ka. UPM, Dekan, Wakil Dekan serta bagian lain yang terkait yang ada di Fakultas Ilmu Kesehatan.

Setelah selesai kegiatan audit lapangan, auditee akan menerima laporan Audit untuk dapat ditindaklanjuti pada rapat tinjauan manajemen untuk perbaikan selanjutnya.(*)

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you