Kesehatan Asesmen Lapangan Akreditasi, Prodi Pendidikan Profesi Ners Fikes Unas...

Asesmen Lapangan Akreditasi, Prodi Pendidikan Profesi Ners Fikes Unas Gelar Virtual Tour

-

Selama empat hari, Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PT KES) melaksanakan asesmen lapangan akreditasi Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional.

Kegiatan asesmen lapangan dilakukan secara daring mulai Rabu hingga Sabtu (11-14/11/2020) mulai pukul 09.00 – 16.00.

Para pelaksana kegiatan terdiri dari asesor Kusman Ibrahim, S.Kp,. MNS, Ph.D.. (Universitas Padjadjaran), Ns. Farida Linda Sari Siregar, S.Kep., M.Kep. (Universitas Sumatera Utara) dan Ns. Wahyu Rochdiat M, M.Kep., Sp.Kep.J (Universitas Respati Yogyakarta).

Yang menarik dari asesmen lapangan ini, melalui media daring, dalam kegiatan asesmen juga dilakukan virtual tour. Kegiatan ini berupa kunjungan ke berbagai fasilitas, prasarana dan sarana belajar dan kegiatan lain di Fikes dan Unas secara online.

Kegiatan ini melibatkan pula para dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, pengguna, preceptor dan clinical instructor dari rumah sakit dan puskesmas.

Kegiatan asesmen lapangan ini, merupakan akreditasi pertama untuk Prodi Pendidikan Profesi Ners. Sementara untuk akreditasi program studi lainnya, yaitu Prodi Keperawatan (B) dan Prodi Kebidanan (B). Prodi Pendidikan Profesi Bidan rencananya akan diakreditasi tahun depan.

Adapun rangkaian kegiatan asesmen lapangan secara daring, dimulai dengan pembukaan, sambutan pimpinan institusi, sambutan asesor, dan perkenalan tim asesor. Selanjutnya dilakukan pembacaan kode etik asesor dan tata tertib ALD.

Selanjutnya, dilakukan presentasi profil UPPS (Unit Pengelola Program Studi) Fakultas Ilmu Kesehatan dan penayangan video profil program studi (PS) oleh Dekan
Kapprodi.

Acara dilanjutkan dengan virtual tour de campus, diantaranya ruang belajar, ruang laboratorium, ruang dosen dan administrasi, ruang kantor, ruang kemahasiswaan, ruang baca, perpustakaan dan fasilitas pendukung lain, baik di kampus Menara Unas maupun kampus Pejaten.

Virtual tour juga dilaksanakan di wahana paraktik, yaitu di RS Islam Cempaka Putih, RS Pasar Rebo, RS Jiwa Marzoeki Mahdi Bogor, puskesmas Pasar Minggu, Pusat Perawatan Luka Bogor.

Pada kesempatan berikutnya, asesor juga melakukan wawancara dengan pengelola UPPSN, PS, dan Penjamin Mutu Pengelola UPPS dan PS, dosen, tendik, dan pembimbing klinik, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan mahasiswa, alumni, pengguna lulusan.

Sebagai kelengkapan asesmen lapangan, juga dilakukan penilaian dokumen dan barang bukti. Acara terakhir adalah presentasi dan diskusi pengelola, panitia/tim dan asesor. Seluruh rangkaian acara tersebut, dilakukan secara online.(*)

Redaksi
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

Belajar Pasar Modal, FEB Unas Hadirkan ‘Value Investing bersama Lo Kheng Hong’ 

Generasi muda Indonesia, seharusnya mulai melek berinvestasi saham. Bagaimanapun juga, saat ini harta karun kekayaan terbesar di dunia terdapat...

Virtual Sales Expo 2022 Inkubator Wirausaha Mandiri Unas Hadirkan 24 Booth

Kegiatan rutin Inkubator Wirausaha Mandiri Universitas Nasional, Virtual Sales Expo 2022 berjalan sukses. Diikuti oleh 24 booth, kegiatan tahun...

Naibonat, Kampung Toleransi di Perbatasan Timor Leste dan Australia (Catatan Pengabdian Masyarakat Dosen Unas)

Namanya Naibonat. Dikenal sebagai Kampung Toleransi. Lokasinya berada di Kelurahan Naibonat, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara...

Featured

Belajar Pasar Modal, FEB Unas Hadirkan ‘Value Investing bersama Lo Kheng Hong’ 

Generasi muda Indonesia, seharusnya mulai melek berinvestasi saham. Bagaimanapun...

Virtual Sales Expo 2022 Inkubator Wirausaha Mandiri Unas Hadirkan 24 Booth

Kegiatan rutin Inkubator Wirausaha Mandiri Universitas Nasional, Virtual Sales...

You might also likeRELATED
Recommended to you