Informatika Agar Siap Bersaing di Era Society 5.0, Ada Materi...

Agar Siap Bersaing di Era Society 5.0, Ada Materi Pembekalan Bagi Lulusan Pada Yudisium FTKI

-

Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T.
Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T.

Fakultas Teknologi, Komunikasi dan Informatika (FTKI) Universitas Nasional memberikan pembekalan pada lulusannya pada Yudisium FTKI. Pembekalan dilakukan agar para lulusan mampu bersaing di era society 5.0.

Yudisium FTKI dilaksanakan pada Sabtu (05/08/2020). Semeentara pada materi pembekalan, hadir tiga pembicara, yaitu: Guru Besar FTKI Unas Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T., Ketua LSP Informatika, Muhaemin S.Kom., MM, M.Kom., serta Vice President of Data Science Investree, Ones Marsali, S.Si.

Dalam paparannya, Prof. Iskandar menegaskan, agar dapat bersaing di era society 5.0, para lulusan harus mempersiapkan mental yang baik serta kepribadian yang cerdas dalam bidang yang ditekuni.

“Lulusan sarjana komputer di dunia kerja nanti, bukan hanya bisa menggunakan perangkat Information and Communication Technologies (ICT). Tapi sekaligus bisa memanfaatkan ICT sebagai pengetahuan untuk menghasilkan suatu keputusan dalam menciptakan sesuatu,” ujar Prof Iskandar dalam materi pembekalan yang disampaikan melalui webinar.

Disampaikan bahwa pada era Industri Society 5.0, perkembangan teknologi akan semakin canggih dan terdepan. Sehingga, diharapkan lulusan FTKI Unas bisa terus mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya penguasaan teknologi digital yang telah dipelajari semasa perkuliahan.

Senada dengan hal tersebut, Ketua LSP Informatika Muhaemin, S.Kom, MM, M.Kom, mengatakan bahwa lulusan FTKI perlu membekali diri dengan menjadi pribadi yang cerdas pada Era Society 5.0. Sehingga memiliki kontribusi di masa depan.

Para lulusan harus memiliki tiga kemampuan, yaitu kreativitas, berpikir kritis, dan kemampuan memecahkan masalah yang kompleks.

“Guna beradaptasi dengan hal itu, mereka (para lulusan) juga harus selalu belajar dengan memanfaatkan teknologi blended learning dan e-learning. Harus turut serta bergabung dengan komunitas sesuai dengan kompetensinya. Perbanyak relasi, kerjasama, dan memperkuat kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi yang sah,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ones Marsali mengatakan, agar menjadi pribadi yang cerdas dalam era society 5.0, para lulusan harus melek data. Hal ini merupakan kompetensi yang paling penting bagi individu society 5.0.

“Para lulusan juga perlu memiliki kompetensi tambahan di samping kompetensi pokoknya sendiri. Seperti melakukan kolaborasi dengan data/analytics profesional dalam mengoptimalkan aset data, serta menggunakan teknologi yang tepat,” kata Ones.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Dekan FTKI Unas, Dr. Septi Andryana, S.Kom., MMSI., Wakil Dekan FTKI, Dr. Fauziah, S.Kom., MMSI., serta Ketua Panitia Yudisium, Ira Diana Sholihati, S.Si., MMSI.

yudisium FTKI
yudisium FTKI

Kegiatan dihadiri oleh dosen serta para lulusan FTKI periode genap 2019/2020. Adapun lulusan terbaik pada program studi Informatika ialah Ibnu Bukhari dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,77, Ahmad Yannuri dengan IPK 3,65, serta Ahmad Rivaldi dengan IPK 3,61.

Sementara lulusan terbaik program studi Sistem Informasi diraih oleh Lili Dwi Yulianto dengan IPK 3,79, disusul dengan Astri Pertiwi dengan IPK 3,73, dan Fikrianzi Nindyo Kusumo dengan IPK 3,71.(NIS)

 

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you