Ekbis Agar Mahasiswa Tetap Kreatif di Tengah Pandemi, FEB Unas...

Agar Mahasiswa Tetap Kreatif di Tengah Pandemi, FEB Unas Gelar Unas Entrepreneurship Expo

-

P3M Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) Universitas Nasional bersama UPT Inkubator Wirausaha Mandiri kembali menggelar Unas Entrepreneurship Expo. Ini merupakan upaya untuk mendorong agar mahasiswa tetap berkreasi meski dalam situasi pandemi.

Kegiatan dilakukan secara virtual. Tema yang diangkat adalah ‘Create Opportunities In Covid-19 Condition’. Kegiatan ini diikuti lebih dari 1000 mahasiswa dari 19 kelas mata kuliah kewirausahaan.

Dalam sambutannya, Ketua UPT Wirausaha Mandiri Unas, Drs. Suadi Sapta Putra, M.Si.M mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melahirkan kreativitas para mahasiswa dalam bidang kewirausahaan, terutama saat kondisi pandemi.

“Para mahasiswa diharapkan punya kejelian untuk menciptakan peluang usaha yang bisa eksis dalam kondisi sekarang ini, terutama pada saat pandemi Covid-19. Mahasiswa juga diharapkan dapat mengembangkan ide bisnis tersebut dan mampu beradaptasi dengan kondisi jaman,” ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Zainul Djumadin, M.Si. mengatakan, memiliki jiwa wirausaha adalah hal yang penting bagi setiap mahasiswa. “Ini adalah sebuah modal bagi mahasiswa agar ketika lulus nanti tidak mati langkah saat ingin mencari pekerjaan, dan sudah kenal dengan bidang wirausaha,” jelasnya saat membuka kegiatan ini.

Dalam kegiatan yang rutin digelar ini, dilaksanakan talkshow yang menghadirkan tiga pengusaha sebagai pembicara. Salah satunya adalah Ketua Ipemi PD Depok, Rosmawary, S.Pi. Dalam paparannya, disampaikan bahwa bidang wirausaha merupakan salah satu sektor yang terdampak pada kondisi pandemi Covid-19.

Namun, tak sedikit pengusaha yang dapat mengubah tantangan tersebut menjadi sebuah peluang. “Kondisi pandemi Covid-19 saat ini tidak bisa ditebak. Maka dari itu seorang pengusaha harus memiliki jiwa yang selalu waspada akan dunia luar dan berani bertanggung jawab terhadap masalah yang nanti akan menghampiri,” kata perempuan yang bergelut dalam bisnis fashion itu.

Tak hanya itu, tambahnya, seorang pengusaha juga harus paham dengan perkembangan media sosial, market place, serta google yang dapat menjadi sarana periklanan sebuah produk.
“Pengusaha boleh punya ide, tapi juga harus punya ilmu untuk membesarkan dan mempertahankan usahanya. Jadi tetap saat menjalani usaha harus diiringi dengan belajar,” tegasnya.

Pembicara lain, owner OMA Kopi, Nurtriana Juan Dini menyampaikan bahwa dalam persaingan di saat pandemi, seorang pengusaha harus memiliki ciri khas dan nilai yang berbeda dari usaha lainnya.

“Misalnya, bisnis kopi saat ini sedang merambah dimana-mana, agar dapat bersaing kami harus punya rasa yang berbeda, menggunakan biji kopi yang berbeda, serta tempat yang nyaman untuk minum kopi,” jelas Juan yang juga mahasiswa FEB Unas itu.

Juan melanjutkan, hal lain yang dapat dilakukan untuk mempertahankan eksistensi bisnis saat pandemi ialah dengan membangun engagement dengan pelanggan melalui media sosial.
“Melalui media sosial kita masih bisa melakukan transaksi jual beli online, bisa tetap berbisnis jadi penguasaan media sosial itu penting di masa pandemi ini,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, owner & Chief Executive Officer LEADER Indonesia, Wahyu Triono, S.Pd., MAP., Ks. menuturkan, menjadi pengusaha tidak hanya dapat dilakukan melalui jual beli barang, tetapi juga dalam bidang jasa. Misalnya, dengan menjadi penulis dan melahirkan karya-karya melalui tulisan tersebut yang bisa dipublikasikan.

“Menjadi pengusaha itu tidak ada batasan. Semua kita yang atur, kita yang olah, dan dapat dilakukan sesuai minat dan kemampuan kita. Terlebih sekarang sudah mulai merambah ke era society 5.0 dimana perkembangan tekonologi sudah semakin canggih. Hal ini bisa dijadikan peluang bagi siapapun yang ingin berwirausaha karena jaman sudah semakin mudah,” imbuh Wahyu.

Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Selin presentasi ide bisnis oleh mahasiswa, acara diisi dengan pengumuman presentasi terbaik. Adapun kelompok mahasiswa yang berhasil meraih nilai presentasi terbaik ialah:

Juara I diraih oleh Kelompok Diamond Planner “Event Creative Digital Activation”

Juara II diraih oleh Kelompok Quarantunes Project

Juara III diraih oleh Kelompok Dimsum Mamah, dan

Juara Favorit dengan presentasi video terbaik diraih oleh Kelompok Konsultan Rakyat.(*)

Redaksi
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

Bagian Dari Pengabdian, Mahasiswa Prodi Manajemen FEB Unas Jadi Relawan di Sentra Vaksinasi 

Lima mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional, sepanjang tanggal 26 hingga 29 Juli 2021, secara...

Pengabdian Masyarakat, Himpunan Mahasiswa Manajemen FEB Unas Bantu Panti Asuhan dan Rumah Penyuluh Kreatif

Himpunan Mahasiswa Manajemen (Himajem) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional, secara rutin telah mengagendakan kegiatan sosial-kemasyarakatan dalam aksi nyata...

Prodi Pariwisata Unas Libatkan Lembaga Internasional Kembangkan Pariwisata Kabupaten Karanganyar

Program Studi Pariwisata Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Unversitas Nasional memfasilitasi lembaga internasional Agora Speaker International dan Indonesia Heritage Society,...

Featured

Unas Bentuk Relawan Dan Sentra Vaksinasi Bersama Kecamatan Pasar Minggu

  Universitas Nasional, dalam rangka mendukung program pemerintah untuk menekan...

You might also likeRELATED
Recommended to you