Kesehatan Adaptasi Kebiasaan Baru, Prodi Profesi Bidan Fikes Unas Terapkan...

Adaptasi Kebiasaan Baru, Prodi Profesi Bidan Fikes Unas Terapkan Kalender Akademis Tepat Waktu

-

Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional tetap menjalankan kalender akademik 2020/2021 sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Melalui keterangan yang dirilis, Prodi Pendidikan Profesi Bidan Fikes Unas menyatakan bahwa proses belajar mengajar untuk tahun akademik 2020/2021 telah dilaksanakan sejak bulan September lalu.

Hal ini sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah mengeluarkan kebijakan terkait dengan langkah-langkah adaptasi kebiasan baru, khususnya di bidang pendidikan tinggi.

Dalam setiap proses pengambilan kebijakan dan pelaksanaan program pada era adaptasi kebiasaan baru ini, prioritas yang diutamakan adalah kesehatan dan keselamatan mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan serta masyarakat. Karena itu, proses pembelajaran di kampus diutamakan menggunakan pembelajaran daring,

Sesuai himbuan tersebut, Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan universitas nasional tahun akademik 2020/2021 tetap berjalan sesuai dengan kalender akademik Universitas yang telah ditetapkan.

Pada kegiatan belajar-mengajar, Prodi Pendidikan Profesi bidan Proses untuk semester satu, diikuti oleh 21 mahasiswa dengan 6 stase, yaitu Stase KDK, Stase Pra Nikah & Pra Konsepsi, Stase Kehamilan, Stase Persalinan, Stase Bayi baru Lahir dan terakhir Stase Nifas.

Saat ini, mahasiswa sedang mengikuti siklus yang ke-3, yaitu Stase Kehamilan dengan ratio bimbingan di setiap stase adalah 1: 5. Artinya, 1 dosen pembimbing akan membimbing mahasiswa profesi bidan berjumlah 5 orang.

Di setiap stase, akan diawali dengan Pengkayaan/Tutorial sesuai subtansi ketrampilan tahap profesi melalui daring. Pembelajaran ini diberikan oleh dosen pembimbing sesuai kompetensinya.

Selanjutnya, kegiatakan akan dilanjutkan dengan pelaksanaan stase dengan proses bimbingan secara daring dengan menyajikan real case/case report yang akan diseminarkan atau presentasikan. Bentuknya dituangkan melalui Laporan Refleksi pada setiap kasus.

Selanjutnya adlaah Praktikum, baik Konseling Informasi Edukasi (KIE) atau Praktikum Ketrampilan sesuai target capaian kompetensi.

Di akhir stase, mahasiswa profesi akan dilakukan supervisi dari tingkat pimpinan fakultas dan dilakukan evaluasi dalam bentuk ujian tulis dengan metode Computer Based Test (CBT).

Proses pembelajaran secara daring ini tetap megutamakan kualitas sesuai dari tujuan Pendidikan profesi Bidan FIKES UNAS.

“Kita akan tetap komitmen untuk menjadi “Pionir Perubahan”. Mari bergabung di Program Studi Pendidikan Profesi Bidan di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional,“ demikian disampaikan Sri Dinengsih S.SiT.,M.Kes Kepala prodi Pendidikan Profesi Bidan Fikes Unas.(*)

 

admin
Ideas, stories, thoughts

Komentari

Subscribe to our newsletter

Subscribe info terbaru dari UNAS Press Newsletter langsung ke inbox email

Terkini

HI UNAS dan AIHII Gelar Foreign Policy Outlook 2024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menggelar “Foreign Policy Outlook...

Orasi Ilmiah Pengukuhan 10 Guru Besar Universitas Nasional: Mulai Dari Soal Perburuhan Hingga Pandanus Tectorius dari Jawa

  Universitas Nasional membuka tahun 2024 dengan mengukuhkan 10 Guru Besar melalui acara pengukuhan yang digelar selama dua hari berturut-turut....

Capaian Awal Tahun 2024: UNAS Raih Predikat Unggul, Kukuhkan 10 Guru Besar

Ada capaian istimewa di awal tahun 2024 yang berhasil diraih Universitas Nasional. Pertama, UNAS berhasil meraik predikat akreditasi institusi...

Featured

You might also likeRELATED
Recommended to you